Skandal Korupsi, Ratusan Perwira Polisi Dipecat

Nasional / 6 January 2014

Kalangan Sendiri

Skandal Korupsi, Ratusan Perwira Polisi Dipecat

daniel.tanamal Official Writer
5892

Sebanyak 350 orang perwira polisi, termasuk para kepala bagian di Turki dipecat oleh pemerintah setempat. Aksi ini diniali sebagai langkah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan untuk menghentikan penyelidikan skandal korupsi tingkat tinggi yang menjadi ancaman terbesar dalam 11 tahun kekuasaannya.

Dalam laporan oleh sebuah media di Turki, Dogan Selasa (7/1/2014) itu, investigasi korupsi itu diduga kuat terkait dengan meningkatnya ketegangan antara pemerintahan Erdogan dengan para pengikut ulama berpengaruh Fethullah Gullen, yang tinggal di pengasingannya di AS.

Para pengikut Gullen diketahui banyak menduduki posisi penting di berbagai intansi pemerintahan Turki termasuk kepolisian dan kehakiman. Erdogan sendiri sebelumnya menyebut investigasi korupsi itu merupakan bagian dari plot negara asing untuk meruntuhkan pemerintahannya.

Sebagai reaksi, Erdogan kemudian memecat puluhan kepala kepolisian di seluruh Turki sejak penyelidikan korupsi ini terungkap pada pertengahan Desember lalu. Di antara para perwira yang dipecat termasuk komandan penyidik kejahatan finansial, anti-penyelundupan, kejahatan siber, dan kepala unit kejahatan terorganisasi.

 

Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami