Derap Langkah Dinasti Politik Ratu Atut Selama 8 Tahun Berkuasa
Sumber: Kompas.com

Nasional / 18 December 2013

Kalangan Sendiri

Derap Langkah Dinasti Politik Ratu Atut Selama 8 Tahun Berkuasa

Lori Official Writer
5667

Ratu Atut Chosiyah, perempuan pertama Indonesia yang menjabat sebagai Gubernur ini resmi dinyatakan oleh KPK sebagai tersangka dalam dua kasus korupsi yang menjeratnya. Selama delapan tahun berkuasa di Banten, kini pejabat yang diusung oleh partai Golkar ini harus rela melepas jabatan Gubernur Banten untuk sementara hingga kasusnya dinyatakan selesai.

Perempuan kelahiran Ciomas, Serang, Banten, 16 Mei 1962 ini pertama kali menduduki jabatannya sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi Djoko Munandar sejak 2002. Lalu, Djoko ditetapkan sebagai tersangka korupsi dan Ratu Atut pun naik sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten pada 2005 silam.

Kemudian Atut kembali naik sebagai Gubernur dalam pilkada 2006 silam. Saat itu dirinya didampingi oleh Mohammad Masduki sebagai wakilnya. Masa kekuasaan lima periode pun berakhir, tepat pada 2011 Ratu Atut kembali maju dan terpilih dalam Pilkada Banten bersama dengan pasangannya Rano Karno  untuk periode 2011-2015.

Selama masa kekuasaannya, dinasti politik Atut tumbuh berakar. Hal ini tampak dari berkuasanya sejumlah anggota keluarga Atut di lembaga pemerintahan. Tepat 11 Oktober 2013 lalu, delapan tahun berkuasa, Atut dan dinasti politiknya pun mulai runtuh lantaran kasus korupsi yang mulai tercium oleh KPK. Hingga akhirnya, Atut dinyatakan sebagai tersangka kasus suap sengketa Pilkada Lebak yang melibatkan mantan Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Kasus korupsi yang menjerat Ratu Atut Chosiyah tidak ubah dengan kasus yang menjerat banyak pejabat-pejabat negara lainnya. Hal ini mencerminkan kebalnya para pelaku korupsi terhadap hukum sehingga tidak memiliki efek jera atas tindakannya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

KPK Tetapkan Ratu Atut Jadi Tersangka

Korupsi Di Indonesia Sudah Kronis dan Sulit Disembuhkan

Disnakertrans Ingatkan Perusahaan Bayar Tunjangan Natal Karyawan

Jelang Natal, Kepolisian Kerahkan Ribuan Personil

Kisah Haru Dibalik Kado Natal Bellaetrix di SEA Games Myanmar

Kisah Nyata Sebastian Siregar, Mantan Perampok dan Pengedar Narkoba


Sumber : Liputan6.com/Kompas.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami