Kepolisian: Tidak Perlu Seram Soal Pengamanan Gereja

Nasional / 17 December 2013

Kalangan Sendiri

Kepolisian: Tidak Perlu Seram Soal Pengamanan Gereja

daniel.tanamal Official Writer
6052

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto menjelaskan bahwa terkait pengamanan misa Natal di gereja-gereja yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya, kepolisian akan menerapkan protap pengamanan. Untuk itu masyarakat tidak perlu menganggapnya sebagai sesuatu yang seram.

"Masyarakat tidak perlu menganggap seram soal pengamanan gereja. Karena memang itu sudah prosedur, SOP. Kalau SOPnya sudah baik pasti hasilnya nyaman," katanya, Senin (16/12/2013) di Mapolda Metro Jaya.

Protap pengamanan yang dimaksud Rikwanto adalah beberapa protap yang memang dari tahun ke tahun dilakukan yakni sterilisasi gereja, terutama Katedral Jakarta serta melakukan pemeriksaan pada barang bawaan umat yang hendak menghadiri misa. Mengenai sterilisasi gereja, Rikwanto menjelaskan pihak kepolisian akan bekerjasama dan berkordinasi dengan pihak keamanan gereja.

Lalu untuk umat yang akan masuk ke gereja, barang bawaanya akan diperiksa, hal paling mudah yang dilakukan yakni menggeledah tas atau barang bawaan umat. "Caranya macam-macam ada yang dengan menggeledah barang bawaan, metal detektor sampai security door. Kalau yang minimalis ya penggeledahan saja," terangnya.

 

 


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami