Kereta Tabrak Truk BBM di Bintaro, 10 Orang Tewas
Sumber: Kompas.com

Nasional / 9 December 2013

Kalangan Sendiri

Kereta Tabrak Truk BBM di Bintaro, 10 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
6348

Sebuah truk tangki PT Pertamina (Persero) yang mengangkut BBM jenis premium sebanyak 24.000 liter tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan Serpong - Tanah Abang di pelintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Penyebab kecelakaan diperkirakan karena truk menerobos palang pintu perlintasan kereta api. Namun menurut penduduk di sekitar tempat kejadian, palang pintu perlintasan memang sering bermasalah seperti sering tersendat atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Tabrakan yang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB tersebut mengakibatkan setidaknya 10 orang tewas dan sekitar 60 orang terluka. Kebanyakan korban adalah wanita karena gerbong bagian depan adalah gerbong wanita yang terguling dan terbakar. Dua gerbong paling depan adalah gerbon dimana masinis berada dan gerbong khusus wanita tampak terguling dan terbakar.

"Sebagian besar korban mengalami luka bakar dan benturan benda keras," demikian penjelasan Yuli Astuti dari bagian informasi Rumah Sakit dr.Suyoto, Jakarta Selatan yang dikutip Kompas.com.
Selain RS dr.Suyoto, beberapa korban juga dilarikan RS Fatmawati, dan Rumah Sakit International Premiere Bintaro (RSIB).

Masinis diperkirakan tewas, namun pengemudi truk masih belum diketahui keberadaannya. Akibat kecelakaan ini jalur  kereta Serpong -Tanah Abang tidak dapat dilalui. Para penumpang disarankan menggunakan angkot dari Stasiun Pal Merah menuju wilayah Pondok Ranji, Serpong dan sekitarnya.

Kelalaian seperti menerobos palang pintu perlintasan KRL telah sering memakan korban jiwa. Untuk itu pengguna jalan harus mentaati aturan demi keselamatan baik untuk dirinya sendiri maupun juga orang lain. Seperti dalam kecelakaan ini, akibat satu orang melakukan pelanggaran akhirnya puluhan orang yang menjadi korban, bukan hanya luka namun juga ada yang meninggal dunia. Namun dilain pihak, PT KAI juga perlu memperbaiki dan menjaga palang pintu perlintasan sehingga dapat berjalan dengan baik sehingga menghindari hal serupa terjadi kembali.

Baca juga artikel lainnya :

Kecelakaan Kereta Maut Spanyol, Diduga Masinis Hobi Ngebut

Kereta Tanker Minyak Tergelincir di Kanada, 40 Orang Hilang dan 13 Tewas

Kisah Nyata Kodrat yang Selamat dari Kecelakaan Kereta

Jawaban.com 10 Tahun Menginspirasi Untuk Hidup Lebih Baik

Penggemar Superbook Semakin Bertambah !

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami