Xanana Gusmao Kecam Penyadapan Australia

Nasional / 22 November 2013

Kalangan Sendiri

Xanana Gusmao Kecam Penyadapan Australia

Yenny Kartika Official Writer
4107

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menyampaikan keberatannya terhadap aksi penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia. Menurutnya, tindakan mengawas-awasi bertentangan dengan prinsip berdemokrasi.

“Saya tanya kalian semua, apakah kita bisa seutuhnya mengakui kita hidup di dalam era demokrasi jika ternyata kita diam-diam menjadi subjek pengawasan,” kata Xanana dalam Forum Demokrasi di Bali.

Apapun alasannya, menurut Xanana, penyadapan bukanlah soal privasi melainkan soal kedaulatan dalam negeri. “Entah kita berada di tengah situasi dari ketidakpercayaan ekstrim dimana semua orang berpotensi sebagai musuh, atau kita tengah menyaksikan penggunaan penipuan teknologi untuk memperoleh keuntungan ekonomi atas orang lain, yang bahkan lebih tidak bermoral lagi ketika yang dijadikan subjek adalah negara lain yang lebih lemah dan kecil,” kata Xanana.

Terungkapnya penyadapan yang dilakukan Australia terhadap sejumlah pejabat tinggi Indonesia, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, membuat hubungan kedua negara ini renggang. Presiden SBY memutuskan hubungan bilateral dengan Negeri Kanguru tersebut. Sayangnya, adu makian di media sosial Twitter kian memanasi kasus ini.

Pengawasan tersembunyi atau penyadapan seperti yang dilakukan Australia menunjukkan ketidakpercayaan yang tersirat dalam hubungan kedua belah pihak ini. Jika penyadapan dan konflik-konflik yang menyertainya telah usai, biarlah hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia terajut kembali, seperti yang diharapkan SBY.

 

BACA JUGA:

Heboh! Konflik Indonesia-Australia dari Penyadapan Hingga Hinaan

Buntut Kasus Penyadapan Australia, SBY Hentikan Kerjasama Militer

Ide Cari Uang Tambahan di Akhir Tahun

Hidup Orang-orang Ini Berubah Drastis Setelah Percaya Yesus

Kisah Nyata Danny Boy, Jadi Psycho Karena Kematian Kakak

A True Story of Billy Simpson, The Winner of The Voice Indonesia

Lapar Akan Tuhan

Jeritan Hati

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers

Sumber : ABC Radio Australia/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami