Banyak Wanita Hamil Alami Diskriminasi Di Tempat Kerja

Nasional / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

Banyak Wanita Hamil Alami Diskriminasi Di Tempat Kerja

daniel.tanamal Official Writer
4429

Sebuah data yang memprihatinkan didapat oleh badan ombudsman Fair Work Australia bahwa diskriminasi yang dialami wanita hamil di tempat kerja semakin tinggi dan menjadi masalah diskriminasi terbesar yang dilaporkan dalam hubungan industrial di Australia.

Data menunjukan bahwa saat ini sekitar 28 persen laporan berhubungan dengan masalah kehamilan, lebih tinggi dibanding 21 persen yang berhubungan dengan diskriminasi fisik. Dari 235 laporan di tahun 2013, sekitar 28 persen berhubungan dengan masalah kehamilan.

Fair Work menindaklanjuti 76 laporan, tiga di antaranya dibawa ke pengadilan. Menurut komisioner Fair Work Elizabeth Broderick, para pimpinan di tempat kerja perlu mengubah perilakunya. "Ini jelas menunjukkan bahwa diskriminasi terhadap perempuan hamil terus terjadi di Australia," katanya.

Berdasarkan UU hubungan industrial di Australia, perempuan berhak mengambil cuti hamil dan melahirkan dan berhak untuk kembali ke pekerjaannya semula setelah itu.

Tempat kerja juga dilarang membuat situasi yang menyebabkan pekerja perempuan merasa tidak nyaman untuk hamil. Komnas HAM Australia mengadakan penelitian atas isu diskriminasi perempuan hamil ini dan diharapkan mengumumkan hasilnya awal tahun depan.

 

 

 

Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami