Gaji Buruh Seharusnya 10 Juta Per Bulan
Sumber: jawaban.com

Nasional / 4 November 2013

Kalangan Sendiri

Gaji Buruh Seharusnya 10 Juta Per Bulan

daniel.tanamal Official Writer
3464

Tuntutan para buruh agar gaji minimum Rp 2,2 juta per bulan, dinilai masih sangat rendah. Seharusnya untuk upah sejahtera saat ini harusnya Rp 10 juta per bulan. Begitu menurut pandangan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sulawesi Selatan, La Tunreng, Kamis, 31 Oktober 2013.

Menurut La Tunreng, sesuai undang undang yang diwajibkan adalah menentukan upah minimum, yang prosesnya melalui Dewan Pengupahan. "Untuk upah sejahtera harus berdasarkan produktivitas. Tergantung perusahaannya," katanya.

Ditambahkan bahwa untuk menentukan upah minimum, Dewan Pengupahan, yang beranggotakan pemerintah, pengusaha, dan buruh, akan melakukan survey harga sejumlah kebutuhan pokok, seperti cabai, ikan, dan deodorant. Jika harganya memang naik, pasti Dewan Pengupahan akan menaikkan upah minimum dan wajib diikuti oleh pengusaha. "Tanpa demo pun upah minimum pasti naik," kata La Tunreng.

Dirinya mengapresiasi unjuk rasa buruh yang berlangsung damai. Karena dengan begitu, tuntutan buruh tetap sampai dan aktivitas dunia usaha tetap berjalan normal. "Kami tetap mendukung tuntutan buruh, tapi pengusaha juga berpatokan sama undang undang, untuk menentukan upah minimum, ada mekanismenya," kata La Tunreng. 

Pemerintah perlu memfasilitasi para pengusaha dan juga buruh untuk duduk bersama mencari solusi agar pengupahan dapat terlaksana sesuai kesepakatan dengan melihat nilai keadilan dan perhitungan yang dapat diterima bukan hanya oleh mereka, namun juga oleh seluruh warga Indonesia, agar tidak terjadi kecemburuan sosial.

 

Baca Juga Artikel Lain:

Polisi Tangkap Anggota Ormas Pengeroyok Buruh

Sofjan Wanandi : Upah Naik, Pengangguran Bertambah

Umat Kristen Diajak Untuk Berjalan Dalam Perdamaian

Dewan Gereja Dunia : Solidaritas Kristen Jangan Eksklusif

Patung Yesus Kristus Didirikan Di Suriah


Sumber : Tempo
Halaman :
1

Ikuti Kami