Pro-Kontra Langkah Jokowi Tertibkan Topeng Monyet

Nasional / 23 October 2013

Kalangan Sendiri

Pro-Kontra Langkah Jokowi Tertibkan Topeng Monyet

Budhi Marpaung Official Writer
7098

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sejak awal minggu ini telah mengerahkan jajarannya untuk menertibkan kegiatan topeng monyet yang ada di wilayah Ibukota. Seperti halnya keputusan-keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah (pusat maupun daerah) terdahulu, suara-suara pro maupun kontra pun mulai terdengar.

Berikut beberapa pernyataan dukungan maupun kritikan terhadap langkah Jokowi "membersihkan" kegiatan topeng monyet dari Jakarta :

1. Pramudya (Koordinator Jakarta Animal Aid Network Indonesia) –> pro

"Kami apresiasi langkah pemerintah yang mulai memperhatikan isu lingkungan satwa, dengan membersihkan topeng monyet di Jakarta," ujarnya sebagaimana dikutip dari detikNews, Rabu (23/10).

2. Marlo Sitompul (Ketua Umum Serikat Rakyat Miskin Indonesia) -> Kontra

"Saya kira itu hanya buang-buang waktu, dan akan menimbulkan masalah baru seperti meningkatnya angka pengangguran," ucap Marlo sebagaimana dilansir Okezone beberapa saat lalu.

3. Ruhut Sitompul (Anggota Komisi III DPR RI) -> Kontra

"Sekarang Jokowi kelihatan juga aslinya. Harusnya Jokowi fokus saja benahi banjir sama macet daripada usir topeng monyet," jelasnya.

Jokowi sendiri dalam keterangan kepada media kemarin menyatakan kebijakan ini ia ambil karena dirinya prihatin dengan banyaknya monyet yang dieksploitasi orang-orang untuk mencari nafkah. “Kasihan monyetnya, kurus kayak saya,” imbuh Jokowi.

Mantan Walikota Solo tersebut menegaskan bahwa monyet-monyet yang disita pihaknya bakal dibawa ke Kebun Binatang Ragunan.

"Monyetnya dibawa ke Ragunan, dipelihara di sana. Itu binatang liar yang dilindungi. Kalau membuat keramaian ganggu ketertiban umum. Tidak berperikemonyetan,” tandasnya.

Jokowi tentu sudah mempertimbangkan dampak-dampak yang terjadi jika memberlakukan kebijakannya kali ini. Melihat tujuan dan solusi yang diberikan pihak pemrov DKI Jakarta, hal ini memang sepatutnya didukung.


Baca juga : 

Pemprov DKI Jakarta Mulai Tertibkan Topeng Monyet

Karena Ada Ujian Hidup

Dua Wanita, Satu Mujizat

Latihan Pilates dan 6 Manfaatnya

Thread Forum JC : Dokumentasi Aksi Sosial (JCers Goes to Panti Rehab YBMI)

Young & Free, Album Keluaran Hillsong yang Benar-Benar Fresh

Sam Walton, Pengusaha Sukses yang Senantiasa Hidup Sederhana

End of Day

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami