Ini Penyebab Pembakaran Halte Transjakarta
Sumber: Viva.co.id

Nasional / 9 October 2013

Kalangan Sendiri

Ini Penyebab Pembakaran Halte Transjakarta

Lori Official Writer
4185

Insiden pembakaran halte Transjakarta Buaran koridor XI jurusan kampung Melayu-Pulogebung yang terjadi pada Rabu (9/10) sekitar pukul 05.00 pagi, disinyalir sebagai dampak kemarahan warga karena lahan tempat tinggalnya digusur oleh PT Graha Cipta Karisma.

Lahan seluas 9.5 hektar di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Buaran, Klender, Jakarta Timur tersebut diklaim sebagai milik dari PT Graha Cipta Karisma. Sehingga sekitar 2.100 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), polisi, TNI dan pihak lainnya dikerahkan untuk mengeksekusi lahan yang dilakukan sejak Rabu dini hari pukul 02.00 WIB. Tidak terima dengan penggusuran tersebut, warga Buaran pun mengamuk dan melakukan aksi unjuk rasa yang terjadi sejak pukul 04.45 pagi tadi hingga berimbas pada perusakan fasilitas umum dan pemblokiran jalan.

Sengketa lahan ini disebut telah terjadi sejak lama, namun terus berlanjut hingga hari ini. Warga membantah bahwa lahan yang ditempati mereka bukanlah milik perusahaan tersebut. Warga mengaku sudah mendudukinya sejak 32 tahun silam.

Akibat kejadian ini, lalu lintas di Jalan I Gusti Ngurah Rai dan bus Transjakarta Buaran akan berhenti sementara hingga esok hari.

Sengketa lahan di ibu kota tampaknya marak sekali terjadi, sehingga diperlukan peran serta pemerintah dalam menanggulangi sengketa yang melibatkan masyarakat dan perusahaan-perusahaan besar.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Jokowi-Ahok Minta Pembakar Halte Transjakarta Buaran Dipenjara

Gelar Pesta Mewah, Wakil Lurah Dipecat

Caleg DPR RI Ditangkap Karena Gunakan Narkoba

Ahok Masuk Survei Cawapres 2014, Namanya Meroket

Mengajar Anak Berkata Cukup

Sumber : Republika.co.id | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami