Bagikan Pelajaran Pasca Bercerai, Pria Ini Jadi Terkenal
Sumber: dailymail.co.uk

Nasional / 23 September 2013

Kalangan Sendiri

Bagikan Pelajaran Pasca Bercerai, Pria Ini Jadi Terkenal

Lois Official Writer
4020

Perceraian cukup memukul hati Gerald Rogers, seorang ayah dari 4 anak. Dia pun curhat melalui akun Facebooknya pasca bercerai dengan istrinya, Jana. Di Facebook tersebut, dia berbagi saran dan pelajaran apa yang dia dapatkan lewat perceraiannya, namun ternyata curhatannya menginspirasi banyak orang dan dia pun populer. Apa saja saran yang dia kemukakan, berikut ulasannya :

“Jangan pernah berhenti pacaran. Jangan pernah berhenti berkencan. Jangan pernah menukar apapun dengan wanita yang bersamamu.”

Justru kemesraan harus terus dibangun sesudah menikah, jangan sampai teralihkan oleh kesibukan, baik dalam hal karir maupun mengasuh anak. Selalu prioritaskan keluarga dan ada untuknya.

“Sediakan sebuah tempat istimewa dalam hatimu, dimana tidak ada yang bisa masuk ke dalamnya selain istrimu.”

Dalam sebuah pernikahan, pasti ada tantangan dan godaan seperti kesibukan, orang ketiga, gaya hidup, ataupun kebiasaan. Namun sediakan ruangan khusus untuk yang tercinta.

“Jatuh cintalah lagi dan lagi dan lagi. Kau akan berubah. Kau tidak akan menjadi orang yang sama setelah menikah.”

Jatuh cintalah terus pada orang yang sama. Banyak yang takut menikah karena bisa bosan dengan pasangan, justru di situlah tantangannya bagaimana bosan hanya jadi fase yang harus dilalui agar kita makin dewasa dan jatuh cinta lagi pada pasangan.

“Selalu lihat apa yang terbaik darinya. Fokuslah pada apa yang kau cintai. Bila kau fokus pada hal yang buruk, maka yang kau lihat hanya alasan untuk memburukkan.”

Semua orang memang punya kelemahan, tapi apakah kita yang harus memperbaikinya? Kalau tidak bisa memperbaiki, apakah kita akan meninggalkannya? Bukankah kita juga punya kelemahan? Bukankah kita sudah mengikrarkan janji akan menerima dia dengan segala kelebihan dan kekurangannya?

“Bukan tugasmu untuk mengubah dirinya. Tugasmu adalah mencintainya sebagaimana adanya dengan tanpa adanya harapan untuknya berubah.”

Justru karena pasangan kita punya kekurangan dan kelebihan itulah, kita mencintai mereka. Karena cinta pada pasanganlah yang akan mendewasakan kita dan bukannya mengubah kita. Tapi kita sendirilah yang harus merubah diri sendiri.

“Tanggung jawab sepenuhnya pada emosi Anda. Bukan tugas seorang istri untuk membuat Anda selalu senang dan dia tak akan membuat Anda sedih. Jangan pernah menyalahkan istrimu bila kau frustasi atau marah padanya. Itu hanya gejolak yang datang dari diri Anda sendiri. Dia bisa menjadi emosimu, dan juga tanggung jawabmu.”

Setelah bercerai, Gerald baru menyadari bahwa emosi yang dia keluarkan adalah tanggung jawabnya, begitu juga posisinya sebagai kepala keluarga untuk melindungi istri.

“Tidak apa-apa menjadi bodoh. Jangan terlalu serius. Tertawalah. Dan buat dia tertawa. Kegembiraan membuat semuanya lebih mudah.”

Sebuah pernikahan adalah untuk kedua belah pihak dan dilakukan oleh keduanya, jadi saat masalah datang tersenyumlah pada pasangan dan semuanya akan lebih mudah. Tindakan itu jauh lebih baik daripada memikirkannya sendiri-sendiri atau malah saling menyalahkan.

“Kau bisa melakukan kesalahan, begitu pula dia.”

Jangan fokus pada kesalahan. Ketika ada masalah, salinglah terbuka dan berkomunikasi, dengarkan penjelasan. Bila perlu, jadilah bagian dari solusi. Dukungan pasangan adalah motivasi terbaik untuk menyelesaikan masalah.

“Jangan kuatir tentang uang. Uang adalah permainan. Temukan cara untuk menaklukannya sebagai TIM dan menangkan bersama.”

Uang adalah salah satu pemicu keretakan rumah tangga karena itu harus disiasati suami istri, bukan hanya salah satu pihak. Pria yang mencari, wanita yang harus mengelola dengan bijak.

Seringkali orang berkata, nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan selalu datang terlambat saat semuanya sudah terjadi. Namun, dalam suatu pernikahan selalu ada jalan keluar. Jika bercerai, maka tidak ada salahnya untuk balik kembali. Setiap orang punya kekurangan, bersama siapapun, pasti ada kurangnya. Karena itu, baik-baiklah dalam menjaga hubungan dan jadikan pengalaman hidup Gerald sebagai pelajaran.

 

Baca juga :

Cahaya Kecil, Pertemuan Hati Antara Ayah dan Anak

Ini Beberapa Cara Agar Daging Cepat Empuk

Orangtua VS Gadget

Kualitas yang Menentukan Cara Hidup

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)

Sumber : vemale.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami