Serangga Jadi Solusi Bagi Ketahanan Pangan Di Masa Depan

Nasional / 23 September 2013

Kalangan Sendiri

Serangga Jadi Solusi Bagi Ketahanan Pangan Di Masa Depan

daniel.tanamal Official Writer
3246

Dalam suatu acara di Adelaide Australia yang menyoroti ketahanan dan keberlanjutan pangan global sebuah wacana mengenai binatang-binatang serangga akan menjadi sumber makanan sehat sehari-hari bagi manusia dimasa depan mengemuka.

Acara yang digelar di lobby Museum Australia Selatan dan dihadiri sekitar 200 tamu itu menyajikan berbagai kuliner yang dari jauh seperti cocktail party lainnya, namun jika diperhatikan lebih dekat, ternyata jauh sekali bedanya. Terdapat sajian jangkrik dalam kim chi, kumbang air dalam tart coklat, dan semut bakar dalam tahu.

Seorang chef dan pemilik restoran di Adelaide, Duncan Welgemoed, mengatakan, negara-negara seperti Australia mestinya mengikuti. "Dari sudut pandang keberlanjutan pangan, kita niscaya beralih ke arah itu dengan kurangnya bahan pangan dan sebagainya," kata Duncan.

Populasi dunia yang saat ini membengkak menjadi 7-milyard jiwa menjadi satu fakta bahwa serangga merupakan sebagian solusi bagi ketahanan pangan di masa mendatang. Menurut Duncan, PBB sudah menyatakan 1900 species serangga "bisa dimakan".

Namun pakar kesehatan ekosistem dari Universitas Australia Selatan, Prof Phil Weinstein, mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk menjadikannya kenyataan. "Pertama, kita perlu menyempurnakan cara menternakkan serangga. Karena kalau akan digunakan secara berkelanjutan, kita perlu mensterilkannya dan tidak mengganggu keseimbangan biodiversitas dengan mengumpulkannya."

Saat ini, sepertiga orang di dunia sudah makan serangga sehari-harinya. Banyak pakar yang meyakini serangga sangat baik bagi kesehatan. Kadar kalsiumnya tinggi, mengandung vitamin mulai dari A sampai D, kaya protein dan kolestrolnya sangat rendah.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII

Meski Dikucilkan Karena Menikah, Uskup Ini Tetap Bertahan

Umat Kristen Dunia Perlu Bersatu Dalam Keragaman

Aktivis Lingkungan Hidup Indonesia Raih Diana Award 2013

 

 


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami