Iran Siap Bangun Kepercayaan Dengan AS

Nasional / 23 September 2013

Kalangan Sendiri

Iran Siap Bangun Kepercayaan Dengan AS

daniel.tanamal Official Writer
3357

Setelah selama puluhan tahun merenggang akibat campur tangan badan intelijen Amerika CIA dalam peristiwa di tahun 1953, Pemerintah Iran menyatakan siap membangun kepercayaan dengan Amerika Serikat.

Peristiwa di tahun 1953 adalah kudeta Presiden Iran, Mohammad Mossadegh. "Selama ini kami mengalami hubungan saling tidak percaya (dengan Amerika Serikat)," ujar Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif, seperti dikutip dari Upi.com, Senin(15/9).

Zarif melanjutkan bahwa pemerintah siap membangun kepercayaan dengan pemerintah AS terkait program nuklir Iran yang memiliki tujuan damai. Iran sebelumnya menegaskan program pengayaan uranium yang dilakukan pihaknya untuk tujuan damai, meskipun AS dan Israel menuding Teheran tengah mengembangkan senjata atom.

Diplomat dengan latar belakang pendidikan Barat ini juga mengatakan ia dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague sepakat bertemu di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB di New York di hari Selasa.

Merintis hubungan kepercayaan diantara dua negara yang telah lama berkonflik adalah salah satu cara memelihara perdamaian dunia. Meskipun sulit namun langkah kebaikan ini harus terus diupayakan untuk mencegah konflik yang mengakibatkan kerugian pada tiap warga dunia terjadi.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII

Meski Dikucilkan Karena Menikah, Uskup Ini Tetap Bertahan

Umat Kristen Dunia Perlu Bersatu Dalam Keragaman

Aktivis Lingkungan Hidup Indonesia Raih Diana Award 2013



 

Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami