Masih 13 Tahun, Harusnya Dul Belum Dapat Izin Mengemudi!

Nasional / 9 September 2013

Kalangan Sendiri

Masih 13 Tahun, Harusnya Dul Belum Dapat Izin Mengemudi!

Lori Official Writer
3074

Abdul Qodir Jaelani, anak musikus Ahmad Dhani  yang masih berusia 13 tahun, terancam dipidana lantaran dijadikan tersangka dalam kecelakaan nahas yang menewaskan 6 orang meninggal  dan 9 luka-luka di Tol Jagorawi, Minggu(8/9). Dalam hal ini, Dul dikenakan pelanggar terhadap peraturan Lalu Lintas serta izin mengemudi yang seharusnya masih belum diberikan kepada anak dibawah umur.

Dul dinilai telah melanggar Pasal 310 Undang-Undang (UU) No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) serta peraturan yang tertulis dalam UU No 22/2009 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM) di Pasal 281. Sanksi berlapis ini dikenakan lantaran tindakan pelanggaran terhadap jalur lalu lintas dimana Dul mengemudi lepas kendali, menabrak pembatas dan mengakibatkan kecelakaan beruntun hingga jatuhnya korban jiwa.

Hasil informasi dari Kabid Humas Polda Rikwanto, mengatakan bahwa putra bungsu Ahmad Dhani tersebut tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) ataupun SIM tembak dengan memakai nama palsu. “Tidak ada informasi itu (Dul punya SIM A). Yang bersangkutan kelahiran tahun 2000, jadi tidak memiliki SIM, tidak ada berita itu (Dul punya SIM),” seperti dilansir Sindonews.com, Minggu (8/9).

Sebagai informasi, kecelakaan nahas ini terjadi pada Minggu (8/9) dini hari, sekitar pukul 00.45. Mobil Mitshubishi Lancer B 80 SAL yang disetirnya menghantam pembatas jalan tol hingga memasuki jalur, lalu menabrak Daihatsu Gran Max yang kemudian menabrak Toyota Avanza. 

Berdasarkan peraturan perizinan mengemudi yang menetapkan izin mengemudi bagi minimal berusia 17 tahun, maka tindakan Dul merupakan pelanggaran hukum. Sehingga tetap harus diproses secara hukum sebagai bentuk tanggung jawab pelaku.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Iran Nyatakan Tak Pernah Sangkal Holocaust

Superbook Indonesia Dipastikan Lebih Kontekstual

Dul Putra Ahmad Dani Sebabkan Kecelakaan Maut, Akankah Lolos Dari Hukum?

KPAI dan Kak Seto Digandeng Usut Kasus Anak Ahmad Dhani

Langgar Lalu Lintas, Tanya Kenapa?

Tuhan Melihat Kesetiaan Anda

Sumber : Sindonews.com | Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami