Pasca Kerusuhan, Polisi Buru 13 Napi LP Labuhan Ruku
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 19 August 2013

Kalangan Sendiri

Pasca Kerusuhan, Polisi Buru 13 Napi LP Labuhan Ruku

Budhi Marpaung Official Writer
3691

Kepolisian Resor Batubara kini masih memburu 13 narapidana yang kabur pada saat terjadi kerusuhan berujung pembakaran gedung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Minggu (18/8) petang.

“Kita sudah amankan sebanyak 17 dari 30 orang napi yang sempat kabur tadi malam,” kata Kepala Polres Batubara AKBP JP Sinaga, Senin (19/8).  

Berdasarkan keterangan Sinaga kepada wartawan yang menemuinya, dari ke 17 napi itu, 12 orang napi diamankan di Polsek Labuhan Ruku, dua orang napi di Polsek Lima Puluh, dan tiga napi lainnya dihantar oleh orangtua masing masing napi ke LP Labuhan Ruku.

Sementara itu di tempat berbeda, Kepala Pos Lapas Labuhan Ruku, S Berutu, menyatakan pemicu kerusuhan di LP Labuhan Ruku adalah karena sesaknya ruang penjara. Kapasitas penjara yang seharusnya dihuni sekitar 250 orang kini ditempati lebih dari 800 narapidana dan tahanan titipan.

Semakin parah, ungkap Berutu, karena kemarin LP Labuhan Ruku mendapat tambahan sekitar 40 narapidana dari lembaga pemasyarakatan lain, yaitu LP Lubuk Pakam. "Ini yang kemudian menimbulkan penolakan para napi," ungkap Berutu.

Masalah LP yang kelebihan kapasitas adalah masalah klasik yang hingga kini tidak dapat diatasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI. Perbaikan demi perbaikan yang katanya akan dilakukan justru tidak terlihat. Oleh sebab itu, alangkah bijak jika Presiden dalam waktu yang singkat ini mengganti petinggi-petinggi di lingkungan Kemenkumham dengan orang-orang lain yang mampu dan siap bekerja dengan sungguh-sungguh.  


Baca juga :

Ini Dugaan Penyebab Rusuh dan Pembakaran Lapas Labuhan Ruku

TUHAN Menolongku Melunasi Biaya Kuliah!

Inilah 3 Artis yang Pernah Menyanyikan Lagu Nasional Indonesia

Inilah 5 Hal yang Selalu Ada di HUT RI

Indonesia Pusaka

Universitas Kehidupan  

Tips Mengatasi Fibromialgia

Thread Forum JC : Gimana Cara Mandi Secepat Kilat

Billy Boen, Pembuat Onar yang Kini Sukses Jadi Pengusaha Muda

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami