Indonesia Raih Medali di Olimpiade Astronomi Internasional
Sumber: Detik.com

Nasional / 7 August 2013

Kalangan Sendiri

Indonesia Raih Medali di Olimpiade Astronomi Internasional

Lori Official Writer
5335

Indonesia kembali bawa pulang sejumlah medali lewat International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) yang berlangsung di Volos pada 27-5 Agustus 2013. Ini merupakan kali kedua setelah tahun 2008, Indonesia meraih dua medali emas.

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tergabung dalam satu tim mewakili Indonesia, berhasil memboyong beberapa medali dalam kategori perorangan dan tim. Dari kategori perorangan, Indonesia meraih satu medali emas, satu perak, satu perunggu, dua Honorable Mention. Sementara kategori tim, Indonesia berhasil memboyong satu medali perunggu.

Adapun siswa peserta IOAA adalah David Orlando Kurniawan, Marcelina Viana, M Imam Adli, Rizki Wahyu Pengestu, R Aryo Tri Adhimukti serta seorang pendamping dari Departemen Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB) M Ikbal Arifyanto.

M Ikbal Arifiyanto menyampaikan bahwa anggota tim harus mengikuti sejumlah kompetisi baik berupa tes teori maupun pengamatan astronomi.

“Untuk kompetisi ini tim tugasnya adalah menjawab 180 soal astronomi dalam bentuk teka-teki silang. Yang dinilai adalah lengkapnya jawaban dan waktu,” kata Ikbal seperti dilansir Kompas.com, Selasa (6/8).

Melalui prestasi yang diraih ini, Ikbal menegaskan bahwa siswa-siswi Indonesia punya potensi dalam bidang astronomi dan astrifisika. Dengan itu, Ikbal berharap agar astronomi mendapat perhatian khusus kembali di sekolah.  

Prestasi yang diraih oleh Indonesia di IOAA tahun ini, mengulang kembali keberhasilan Indonesia pada tahun 2008. Demikian seperti pernyataan Ikbal bahwa anak Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang ilmu pengetahuan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pemudik Jalur Udara dan Darat Meningkat Signifikan

Perempuan Ini Mudik Menggunakan Sepeda Bandung-Jogja

Kakak Adik Tewas Dicekik Ular Piton di Apartemen

Peneliti Menemukan Rumah Sakit Kristen Berusia 1000 Tahun di Yerusalem

Kista di Rahim Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : Kompas | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami