Medis dan Dokter Jarang Sentuh Warga Pulau

Nasional / 29 May 2013

Kalangan Sendiri

Medis dan Dokter Jarang Sentuh Warga Pulau

daniel.tanamal Official Writer
4129

Ternyata hingga saat ini selain fasilitas medis yang belum terpenuhi, layanan dokter diakui masih sangat jarang menyentuh warga pulau. Salahsatunya terjadi di kabupaten Pangkep Makassar, dimana perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat yang mendiami wilayah kepulauan masih minim.

"Jangan ada perbedaan pelayanan antara masyarakat kepulauan dan daratan. Semuanya harus dilayani sesuai dengan standar pelayanan kesehatan, baik pelayanan kesehatan gratis maupun tidak gratis," kata Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid di Pulau Sabutung, Liukang Tupabbiring, pekan lalu.

Syamsuddin melihat bahwa fakta ini menjadi sebuah tantangan bagi pemkab dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pangkep untuk bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang baik dengan kualitas yang sama dengan wilayah daratan. Selain itu harus diikuti dengan rasa tanggung jawab tinggi dan pengabdian yang tulus

Kenyataan ini juga dinyatakan oleh Ketua IDI Pangkep, dr Isreny SPKJ yang mengatakan, meskipun sudah ada puskesmas namun fasilitas dan peralatan medis yang dimiliki belum menyamai daratan. "Selama ini kesehatan gratis hanya dilaksanakan di daratan. Ini juga adalah bentuk perhatian kami kepada masyarakat pulau yang butuh pelayanan medis yang lebih baik," kata dr Isreny.

Kesehatan adalah salah satu faktor utama penyangga kesejahteraan rakyat yang harus menjadi perhatian dan prioritas terdepan bagi pemerintah. Selain mahal, kerapkali pelayanan kesehatan justru merugikan pasien akibat adanya kecerobohan dan kurangnya rasa melayani. Untuk itu mari dukung pemerintah daerah dan pusat yang melakukan program kesehatan pro-rakyat.


Baca Juga Artikel lainnya

Relawan Ini Dedikasikan Diri Bersihkan Kotoran Manula

Korban Tornado Oklahoma Pilih Ibadah di Gereja

Hanya Yesus Kristus yang Dapat Hentikan Korupsi di Ghana

Gereja Dibakar, Pendeta Ampuni dan Layani Pelaku

Grup Metal Slayer Minta Publik Abaikan Gereja Baptis Westboro

Umat Kristen Dihimbau Tinggalkan Eksklusivitas

 


Sumber : Fajar.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami