Hendak Benahi Ekonomi, Korea Utara Bersikeras Kembangkan Nuklir
Sumber: telegraph.co.uk

Nasional / 3 April 2013

Kalangan Sendiri

Hendak Benahi Ekonomi, Korea Utara Bersikeras Kembangkan Nuklir

Yenny Kartika Official Writer
3618

Partai berkuasa di Korut, Partai Buruh Korea (PBK) pada Minggu (31/3) telah menandatangani strategi paralel pengembangan ekonomi dan nuklir, demikian dilaporkan kantor berita setempat KCNA.

Deklarasi tersebut muncul satu hari setelah Korea Utara menyatakan “status perang” melawan Korea Selatan. Korut memperingatkan Seoul dan Washington bahwa provokasi apapun yang mereka berikan akan mempercepat konflik nuklir besar-besaran.

Pada April tahun lalu, Korut telah mengubah undang-undangnya; menyatakan bahwa negeri tersebut adalah negara bersenjatakan nuklir.

Pemimpin Korut Kim Jong-un mengklaim bahwa dunia internasional sedang “mengancam dan mengintimidasi” Korut dengan ungkapan bahwa ekonomi Korut dapat berkembang jika negeri itu meninggalkan senjata nuklir.

Semenjak Presiden Park Geun-hye mulai dilantik Februari lalu, Korsel telah berungkali menyerukan agar Korut menghentikan program senjata nuklirnya, karena dapat meningkatkan resiko dikucilkan dunia internasional.

Namun, KCNA mengklaim strategi baru dari Korut ini akan fokus pada pengembangan ekonomi dengan cara “memperkuat kemampuan pertahanan tanpa meningkatkan belanja militer”. Disebutkan pula bahwa senjata nuklir adalah “jalur kehidupan” dan harta nasional bagi Korea Utara.

Meskipun belum ada hubungan yang jelas antara pengembangan senjata nuklir dan penanganan ekonomi, semoga pemerintahan Korut dapat membuat keputusan yang terbaik berdasarkan nilai-nilai moral dan hukum agar tidak merugikan masyarakat dunia pada umumnya dan warga Korut pada khususnya.

 

Baca juga artikel lainnya:

Jaringan Internet Televisi dan Bank di Korsel Lumpuh

Rok Mini Dilarang di Korea Selatan

5 Bintang Sepakbola yang jadi Penulis

Wanita Pertama Yang Melihat Yesus Bangkit

Bambang Pamungkas : Saya Adalah Generasi Yang Gagal

Boaz Solossa Kini Sandang Gelar Sarjana Ilmu Politik

Cara Didik Anak Meski Tinggal Berjauhan

Kunci Sukses Mengelola Keuangan dan Bebas Dari Rentenir!

Sumber : THE CHOSUNILBO | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami