119, Cara Jokowi Bantu Warga Jakarta Cari Rumah Sakit Kosong

Nasional / 3 March 2013

Kalangan Sendiri

119, Cara Jokowi Bantu Warga Jakarta Cari Rumah Sakit Kosong

Budhi Marpaung Official Writer
2937

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi membuat sebuah gebrakan baru. Demi memudahkan warga ibu kota mencari pertolongan ketika sedang dalam darurat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meluncurkan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) 119.

Menurut Jokowi, nomor telepon bebas pulsa 119 saat ini masih hanya terhubung dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI. Karena itu sistem ini baru melayani masalah kesehatan saja.

"Misalnya kamar kosong dimana, itu kita bisa tahu, bisa mengarahkan. Kemudian butuh ambulan yang cepat bisa dijemput dimana, dia akan info," ujar Jokowi.

Dengan SPGDT 119, Jokowi berharap tidak  ada lagi warga yang tidak mendapat pertolongan karena rumah sakit penuh. Pasalnya, warga dapat dengan mudah mendapat informasi tentang ketersediaan kamar.

Selain rumah sakit, lanjut sang Gubenur, layanan 119 nantinya juga akan melayani situasi darurat seperti kebakaran atau bencana alam.

Penerapan sistem ini sendiri masih dalam tahap ujicoba. Jika berhasil, Jokowi menyatakan bahwa SPGDT 119 akan diadopsi oleh pemerintah pusat agar dapat dikembangan ke semua provinsi di Indonesia.

Sukses terus untuk Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo–Basuki Tjahaja Purnama yang sudah banyak menghadirkan hal baru bagi Jakarta. Semoga apa yang telah dilakukan bisa menjawab berbagai persoalan masyarakat ibu kota yang dari dulu memang terkenal pelik.

Baca juga :

Kuasa Doa di Tempat Kerja  

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

Kisah Nyata Senna yang Ingin Sembuhkan Kanker Mamanya

Dunia Butuh Harapan

Sumber : jpnn.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami