Misa Natal Ala Jawa Di Gereja Samarinda

Nasional / 25 December 2012

Kalangan Sendiri

Misa Natal Ala Jawa Di Gereja Samarinda

Lestari99 Official Writer
3409

Ada yang berbeda dalam ibadah misa Natal di Gereja Paroki Santo Lukas di Jalan Jenderal A Yani, Samarinda, Kalimantan Timur itu. Untuk pertama kalinya, salah satu gereja terbesar di Samarinda itu menggelar ibadah dengan nuansa tanah Jawi (Jawa). Hal itu terlihat dari pakaian adat Jawa yang dikenakan panitia misa Natal hingga alat musik tradisional budaya tanah Jawi. Alat musik tersebut juga digunakan untuk mengiringi paduan suara selama misa berlangsung.

Panitia Natal 2012 di Gereja Paroki Santo Lukas memang menggagas nuansa budaya nusantara dalam perayaan Natal kali ini. Dan terbukti antusiasme jemaat dalam mengikuti misa tidak surut. Sekitar 5 ribu umat Kristiani memadati gereja.

“Kami memang ingin menampilkan nuansa budaya nusantara dan melestarikannya. Natal tahun depan, budaya Chinese yang akan kami tampilkan,” ujar Agustinus Heriyanto selaku Ketua Panitia Natal 2012 Gereja Paroki Santo Lukas sebagaimana dilansir Detik News, Senin (24/12).

Lebih lanjut Agustinus menerangkan bahwa misa Natal di Gereja Paroki Santo Lukas dipimpin oleh Pastur Felix Sumarjono, dengan tema Allah Telah Mengasihi Kita. Pastur Felix menyampaikan pesan bahwa umat Kristiani harus senantiasa saling mengasihi sesama umat manusia.

Aparat kepolisian juga terlihat berjaga-jaga di sekitar lokasi gereja. Misa Natal berlangsung dengan lancar dan penuh dengan kehangatan.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Detik News / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami