Skandal Contek Massal Coreng Kredibilitas Harvard

Nasional / 1 September 2012

Kalangan Sendiri

Skandal Contek Massal Coreng Kredibilitas Harvard

Lestari99 Official Writer
4082

Universitas Harvard yang merupakan unversitas paling elit di Amerika sedang dilanda masalah serius. Pasalnya contek massal atau plagiarisme diduga dilakukan oleh 125 mahasiswanya yang sedang menempuh pendidikan S1. Jika terbukti benar, maka skandal ini akan menjadi skandal terbesar yang menimpa universitas elit ini.

Kecurigaan berawal ketika dari hasil ujian sebuah kelas yang berjumlah 250 mahasiswa dan menunjukkan keanehan. Seorang asisten dosen menemukan terdapat jawaban yang sama, sampai paragraf yang persis sama dalam lembar jawaban dari para mahasiswa tersebut. Praktek pencontekan terorganisir itu danggap telah mencoreng nama besar Harvard.

“Dugaan-dugaan ini, jika terbukti, mewakili perilaku tak terpuji terhadap kepercayaan yang menjadi pondasi intelektal di Harvard,” ungkap rektor Harvard Drew Faust.

Tak jauh berbeda dengan Faust, Jay Harries selaku dekan pendidikan S1 Harvard mengakui fakta di lapangan bahwa universitas tampaknya bermasalah dengan para mahasiswa di kelas tersebut namun menekankan tidak adanya bukti bahwa pencontekan massal terjadi di Harvard.

“Fakta yang ada di hadapan kita adalah kita memiliki masalah dengan satu kelas ini. Melihat para mahasiswa dan kerja keras yang mereka lakukan, saya akan dibenci jika mengatakan bahwa hal ini adalah gambaran mahasiswa Harvard,” ungkap Harries sebagaimana dilansir BBC.

Jika terbukti, para mahasiswa yang melakukan pencontekan ini akan dikenakan sanksi mulai dari peringatan tingkat pertama hingga diskorsing dari kegiatan perkuliahan selama satu tahun. Meskipun demikian, universitas ini belum menyebutkan nama mata kuliah atau kelas mana yang diduga melakukan tindakan tidak terpuji itu.

Keseriusan institusi ini dalam memanggapi kasus dugaan pencontekan massal di lingkungan kampus menunjukkan betapa tingginya mereka menilai dan menghargai integritas serta menuntut agar setiap mahasiswa memilikinya. Tak heran jika lulusan Harvard menjadi lulusan yang dicari dan diperhitungkan dalam dunia kerja Amerika. Kualitas pendidikan yang mengedepankan pengetahuan namun tidak mengabaikan nilai-nilai kepercayaan, kejujuran dan integritas.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami