Tifatul: Video SARA Tersebut Sudah Di Remove Dari Youtube

Nasional / 23 August 2012

Kalangan Sendiri

Tifatul: Video SARA Tersebut Sudah Di Remove Dari Youtube

Budhi Marpaung Official Writer
3197

Setelah sempat beredar sepekan lebih di Youtube, video bermuatan suku, agama, ras dan antargolongan terkait pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012-2017 akhirnya diblokir oleh pengelola Google yang sekaligus pengelola Youtube.

Kepastian ini didapat langsung dari Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Menkominfo) Indonesia yang mengirimkan rilis resmi mengenai hal ini kepada sejumlah media sore tadi.

"Alhamdulillah pukul 16.00 WIB sore ini video SARA tersebut sudah di remove dari Youtube," ujar Menteri Kominfo Tifatul Sembiring seperti dikutip dari detikcom, Kamis (23/8).

Lebih lanjut, Tifatul menyatakan bahwa pihak Google mencabut video SARA tersebut atas permintaan Kemenkominfo Indonesia.

Bersamaan dengan itu, Tifatul menyampaikan himbauannya kepada semua pihak yakni agar menggunakan sarana internet secara benar dan menghindari hal-hal yang berbau SARA, apakah itu untuk untuk kepentingan politik, ekonomi, atau pembunuhan karakter seseorang.

"Pelanggaran terhadap UU ITE 11/2008 dapat dikenai sanksi 6 sampai 12 tahun penjara. Diantaranya adalah tekait dengan penggunaan internet untuk penghinaan atas nama agama atau berbau SARA, pornografi, perjudian, mengancam, penipuan, dan lain-lain," jelas Tifatul.

Sementara di waktu dan tempat berbeda, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia Djoko Suyanto mengaku prihatin dengan adanya tayangan di Youtube yang berbau provokasi terkait Pilgub DKI Jakarta.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Medan Merdeka Barat Jakarta, Djoko meminta wartawan dan masyarakat tidak terpancing video itu.

Sebagai informasi, video berbau SARA ini menampilkan seorang berwajah tertutup dengan latar belakang editan peristiwa kerusuhan ’98. Orang ini mengancam untuk tidak ikut dalam Pilkada DKI kepada kelompok tertentu sebab kalau itu terjadi peristiwa ’98 akan terjadi

Video diunggah di youtube sejak 12 Agustus dan telah dilihat oleh 16 ribu kali.

Baca juga :

Mengapa Mujizat Belum Terjadi ?

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Tuhan Pasti Buka Jalan, Album Lagu Luar Biasa ! 

Sumber : detik.com, solopos.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami