Klaim Malaysia Justru Bangkitkan Tari Tor Tor

Nasional / 18 June 2012

Kalangan Sendiri

Klaim Malaysia Justru Bangkitkan Tari Tor Tor

Lestari99 Official Writer
4955

Jika banyak orang yang merasa terganggu dengan klaim Malaysia atas Tari Tor Tor dan Paluan Gondang Sambilan dari Tanah Batak sebagai warisan budaya dunia, tidak demikian yang dirasakan oleh seniman Mandailing Herman Rangkuti. Baginya klaim Malaysia justru dapat dijadikan sebagai momen positif untuk mengangkat budaya batak sebagai warisan dunia.

“Kami melihat hal ini dari sisi positif saja untuk mengangkat Tor Tor Batak sebagai warisan dunia,” ungkapnya saat dihubungi d Jakarta, Senin (18/6), sebagaimana dilansir Antara News.

Melalui klaim Malaysia ini, Herman berharap agar pemerintah mau memberikan perhatian yang serius pada Tor Tor dan Paluan Gondang Sambilan.

“Bisa saja melayangkan protes tapi harus segera diperhatikan dan diangkat agar tidak diklaim,” ungkapnya lebih lanjut.

Herman justru melihat bahwa Tari Tor Tor dan Paluan Gondang Sambilan memiliki nilai budaya yang sangat tinggi jika sampai ada orang luar yang mau mengakuinya.

“Tidak mungkin mereka mau mengakui begitu saja jika nilainya tidak tinggi,” ungkap Herman.

Menurut Herman, Himpunan Keluarga Mandailing di Jakarta masih berkoordinasi untuk menanggapi rencana klaim Malaysia terhadap tari Tor Tor dan Paluan Gondang Sambilan.

Suka maupun tidak, Indonesia sedikit banyak perlu berkaca pada Malaysia. Bagaimana negara tetangga kita Malaysia terlihat begitu menghargai seni dan budaya melayu yang notabene banyak di antaranya asli Indonesia. Sebagai bangsa bermartabat yang menghargai warisan budaya nenek moyang, mari bersama-sama menghargai dan menggalakkan budaya dalam negeri yang sesungguhnya sangat berharga untuk dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai klaim-klaim Malaysa yang selalu menjadi ‘alarm’ bahaya bagi kita untuk melek budaya dan mencintai budaya sendiri.

 

Baca Juga:

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami