Posisi Sukhoi Ditemukan Di Tebing Gunung Salak

Nasional / 10 May 2012

Kalangan Sendiri

Posisi Sukhoi Ditemukan Di Tebing Gunung Salak

Lestari99 Official Writer
3923

Pantauan udara Tim Sar yang menggunakan helikopter telah melihat posisi pesawat Sukhoi Superjet 100 di daerah Cidahu, kawasan Kabupaten Bogor. Pesawat terlihat di pinggir tebing, daerah yang diperkirakan agak sulit dijangkau dengan jalan darat.

Mayor Ali Umri Lubis, Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Atang Sendjaja, Bogor, menyatakan pesawat berada di ketinggian 5.500 kaki di atas permukaan laut. Tim Basarnas melihat pesawat tersebut di puncak Gunung Salak. Sekilas dari udara tampak utuh, namun sejauh apa kerusakannya belum dapat dipastikan sebelum Tim SAR tiba di lokasi. Terkait kondisi penumpang juga belum bisa dipastikan.

“Kita belum tahu. Tim sudah dikerahkan dan sekarang diperkirakan posisi 1 km dari tempat yang jatuh. Kalau cuaca baik akan diupayakan evakuasi lewat udara,” ujar Deputi Operasi basarnas, Hadi L, di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Kamis (10/5).

Pesawat dengan nomor penerbangan RA 36801 tersebut diketahui hilang kontak dari menara pengawas pada pukul 14.33 WIB. Dari daftar manifest penumpang diketahui ada 47 orang yang menumpang pesawat naas tersebut.

Pesawat yang didatangkan oleh PT Trimarga Rekatama tersebut melakukan demo flight dengan menyebar sekitar 100 undangan yang tediri dari pebisnis yang bergerak di bidang penerbangan dan media massa untuk menjadi penumpangnya.

Pesawat tersebut melakukan penerbangan sebanyak dua kali. Penerbangan pertama dari Halim Perdanakusuma menuju Pelabuhan Ratu pukul 12.00 WIB dengan penumpang pebisnis di bidang penerbangan. Setelah terbang sekitar 35 hingga 45 menit, pesawat kembali ke Halim Perdanakusuma dalam kondisi selamat.

Penerbangan kedua dilakukan pukul 14.12 WIB dengan mengangkut 47 orang. Delapan orang di antaranya merupakan awak pesawat warga Rusia. Penumpang lainnya dari media massa dan utusan perusahaan di bidang penerbangan. Penerbangan kedua ini kemudian dinyatakan jatuh di lereng Gunung Salak, Jawa Barat.

 

Baca Juga:

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami