Bupati Banyuwangi Tutup 12 Minimarket Musuhi Mall

Nasional / 9 May 2012

Kalangan Sendiri

Bupati Banyuwangi Tutup 12 Minimarket Musuhi Mall

Lestari99 Official Writer
6855

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melarang berdirinya mall di Kabupaten Banyuwangi. Hal ini dilakukannya semata-mata untuk melindungi para penjual pinggir jalan. Adanya mall ditenggarai akan menenggelamkan pedagang-pedagang pinggir jalan yang pendapatannya semakin menurun.

“Untuk memberikan perlindungan yang jualan di pinggiran jalan omzetnya semakin berkurang, saya tidak mengizinkan mall masuk sebelum IPM (Index Pembangunan Manusia) kita 7,3 sekarang masih 7,208,” ungkap Anas saat memberikan sambutan di acara Ground Breaking Grindling Plant Pabrik Semen Bosowa di Banyuwangi, Senin (7/5).

Tak hanya mall, Anas juga membatasi masuknya retailer seperti Alfamart dan Indomart untuk masuk ke Banyuwangi. Bahkan pemerintah daerah setempat telah menutup 12 di antaranya karena alasan tidak memiliki izin yang jelas. Banyak pengembang yang ingin membuat pertokoan semacam mall di Banyuwangi, namun dirinya tetap belum mengizinkan untuk berinvestasi di Banyuwangi. Semuanya ditolak secara halus.

“Ada banyak, tapi ya saya bilang secara halus, nanti dululah... Alfamart, Indomart sebagian ada 12 sudah saya tutup. Sudah saya kendalikan kok,” ungkapnya sebagaimana dilansir detikFinance.

Kebijakan seperti ini patut ditiru oleh para pemimpin daerah lainnya. Bagaimana kebijakan daerah sepenuhnya berpijak pada kepentingan rakyat dan bukannya berpihak pada mereka yang berkuasa dan memiliki uang semata.

 

Baca Juga:

Sumber : Detik
Halaman :
1

Ikuti Kami