Jajak Pendapat : Megawati Figur Presiden RI 2014

Nasional / 10 November 2011

Kalangan Sendiri

Jajak Pendapat : Megawati Figur Presiden RI 2014

Lois Official Writer
3523

Menjelang pemilihan calon presiden 2014, ada berbagai hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh berbagai institut. Hasil dari berbagai jajak pendapat itu adalah mereka menempatkan Megawati Soekarnoputeri, yang merupakan Presiden kelima RI sebagai sosok yang layak diperhitungkan sebagai calon presiden 2014. Hal ini dianggap wajar oleh DR Ari Junaedi, pengajar pascasarjana Universitas Diponegoro.

“Sosok Soeharto, sosok Soekarno, dan kini sosok Megawati sebagai harapan baru tetapi ‘lama’ kerap hadir dalam memori kolektif masyarakat karena muak dengan gaya kepemimpinan yang ada sekarang. Malah ada yang berargumen, susahnya 3 tahun pemerintahan Megawati masih mending daripada sengsaranya 7 tahun pemerintahan SBY. Oleh karena itu, kerinduan akan figur Megawati hendaknya dibaca sebagai kewajaran dalam politik,” ujarnya lagi, Rabu (9/10).

Meski kini banyak kalangan yang masih mengadang-gadang nama Megawati, Ari menjelaskan hal itu tidak terlepas dari konstelasi politik di 2014 yang masih ‘miskin’ figur yang mengakar kuat di masyarakat. Mengapa Megawati yang dianggap ‘terkuat’ saat ini? Menurut Ari, hal itu disebabkan ada beberapa sebab. Misalnya saja, di democrat akan terjadi kevakuman capres usai SBY tidak bisa dicalonkan lagi. Di Partai Golkar, Aburizal Bakrie masih berat digelayuti kasus lumpur Lapindo. Hatta Rajasa dari PAN kurang kuat elektabilitasnya.

Ketika ditanya, pemimpin seperti apakah yang diinginkan rakyat? Di dalam yahoo answers, jawaban salah satu warga Indonesia adalah pemimpin yang bisa memberikan dan membuat rakyat menjadi semangat untuk membangun negeri Indonesia. Bisa memberdayakan rakyat dengan mengadakan kegiatan diskusi antara pemerintah dan rakyat dalam pemimpin mengambil keputusan untuk kepentingan bersama. Tidak hanya itu, tentunya pemimpin harus kreatif dalam mengatur para tenaga ahlinya dan pemerintahan yang ada di bawahnya.

Memang pemimpin yang tegas, berbudi luhur, mengemban tugasnya dengan baik, dan takut akan Tuhan adalah pemimpin yang dicari-cari rakyat Indonesia selama ini. Tentunya kita berharap, di tahun 2014 nanti akan bangkit seorang pemimpin yang dapat mengarahkan bangsa kita ke tempat yang lebih baik lagi. Pemimpin yang bisa menciptakan suasana kondusif dan rakyat pun puas.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami