Survey: Jutaan Ilmuwan AS Mengaku Penginjil
Sumber: Christianitytoday.com

Internasional / 21 February 2014

Kalangan Sendiri

Survey: Jutaan Ilmuwan AS Mengaku Penginjil

Lori Official Writer
6534

Dalam pandangan kebanyakan masyarakat, ilmuwan dan orang Kristen selalu dinilai sebagai dua hal yang bertolak belakang. Namun pandangan ini sebaiknya ditepis, pasalnya sebuah studi menemukan bahwa 2 juta dari 12 juta ilmuwan Amerika Serikat justru berstatus sebagai penginjil.

Hal ini adalah hasil studi dari sosiolog Elaine Howard Ecklund dan rekan-rekannya di Universitas Rice dan American Association for the Advancement of Science (AAAS), Amerika. Hasil penelitian tentang hubungan antara ilmu pengetahuan dan agama ini telah dipublikasikan di konferensi asosiasi tahunan di Chicago, Minggu, 16 Februari 2014 lalu, seperti dilansir Christianitytoday.com, Kamis (20/2).

Ecklund mulai tertarik dengan penelitian ini sejak perbincangan dengan salah satu orang tua Amerika di sebuah gereja di Upstate New York. Mereka khawatir saat putrinya melanjutkan studi ke perguruan tinggi, pada akhirnya akan menjadi atheis.

“Dia berkata, “Saya benar-benar takut bila dia ke kampus dan mengambil kelas ilmu pengetahuan, para ilmuwan ateis akan meyakinkannya untuk meninggalkan imannya,” jelas Eacklund.

Namun, secara menakjubkan studi ini tidak menemukan persepsi demikian. Dari sekitar 10 ribu lebih responden, termasuk 574 ilmuwan yang merespon 75 pertanyaan, ditemukan sebanyak 17 persennya menyatakan bahwa dirinya penginjil.

Selain untuk mendapatkan persentase itu, studi ini mencoba menepiskan persepsi kebanyakan masyarakat akan hubungan kontradiktif antara ilmu pengetahuan dan agama. Secara mengejutkan studi ini membuktikan bahwa ilmuwan yang juga menginjili justru lebih aktif dibandingkan dengan penginjil Amerika pada umumnya. Ilmuwan dinilai lebih rajin dalam mengikuti ibadah dan tidak lupa dengan kebiasaan membaca teks-teks agama setiap minggunya.

Berikut hasil survei yang dilakukan:

Religion

% All Respondents

% Scientists

Evangelical Protestants                                   

22.9                             

17.1

Mainline Protestants

26.9

24.9

Catholics

23.8

19.1

Jews

1.9

3.9

Mormons

1.8

1.7

Muslims, Hindus, Buddhists, Sikhs, Jains

2.6

7.2

Atheists/Agnostics/No Religion

15.5

24.4

Something Else

4.7

1.7

Bagaimana dengan pandangan orang Kristen di Indonesia secara umumnya menyikapi hubungan antara ilmu pengetahuan dan kehidupan orang Kristen? Allah adalah sumber ilmu pengetahuan, jelas dalam hal ini ilmu pengetahuan bukanlah musuh. Yang perlu diwaspadai adalah ketika kita sudah mengangung-angungkan ilmu pengetahuan, ketika itu pula kita akan menganggap diri lebih daripada Tuhan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Rusak Fasilitas Nuklir, Biarawati Ini Dihukum 3 Tahun

Pendeta Jamie Coots Tewas Digigit Ular

Pamer Gambar, Jejak Perampok Gereja Ini Akhirnya Terkuak

Paus Francis: Jangan Menikah Karena Faktor Emosi Semata

Divonis Kanker, Darlene Zschech Tetap Tulis Lagu

Organisasi Kristen Alaska Kunjungi Olimpiade Rusia

Sumber : CT/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami