Malaysia Memanas Lagi Tentang Penggunaan Kata Allah
Sumber: reuters.com

Internasional / 22 January 2014

Kalangan Sendiri

Malaysia Memanas Lagi Tentang Penggunaan Kata Allah

Lois Official Writer
5569

Keputusan pengadilan Oktober 2013 lalu yang menyatakan Allah adalah eksklusif untuk Muslim, diikuti dengan penyitaan lebih dari 300 Alkitab berbahasa Melayu oleh otoritas Islami di bulan Januari 2014 ini. Konflik makin mengancam terjadinya krisis konstitusional karena jaminan federal atas kebebasan beragama ditantang oleh sultan kerajaan Malaysia, yang memiliki wewenang untuk menunjuk ulama dan memerintah polisi syariah.

Pada Minggu (19/1/2014) krisis makin menajam ketika untuk pertama kalinya raja menyatakan dukungan terhadap isu, yaitu ketika Raja Malaysia mendukung keputusan pengadilan pada Oktober lalu itu. Namun sidang naik banding untuk Gereja Katolik akan dilakukan Maret 2014 mendatang.

Kepolisian Malaysia sendiri telah merekomendasikan pastor Katolik ternama yaitu Lawrence Andrew untuk didakwa terkait perkataannya yang menyatakan bahwa gereja-gereja akan terus mengatakan Allah di Selangor, negara bagian terkaya dan terpadat.

“Di Arab Saudi, semua orang dapat menggunakan kata Allah, tapi kita tidak bisa. Kita harus menghentikan ini. Kita telah menjadi bahan tertawaan dunia,” ujar Richenda Raphael (25), umat Katolik.

"Ini kegagalan kolektif dari seluruh sistem dalam mempertahankan keseimbangan dan akal sehat antara ras-ras dan kelompok agama yang berbeda,” ujar Ahmad Fauzi Abdul Hamid, profesor madya bidang ilmu politik di Universiti Sains Malaysia.

Atas keputusan ini, kelompok Kristen yang menjadi minoritas di sana mendapatkan desakan dan himpitan karena pada dasarnya penggunaan kata Allah sudah sering mereka pakai, bahkan berabad-abad lamanya. Negara Malaysia yang saat ini pun dilanda krisis ekonomi menjadi lebih kacau. Lawatan Tuhan terjadi atas Malaysia sehingga kerukunan tercipta.

 

Baca juga :

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Kisah Hidup Slank yang Nggak Ada Matinya

Persiapan Mental Anak yang Orangtuanya Menikah Lagi

Arti Sebuah Isyarat

Langkah-Langkah Buat Bisnis Buku

Sumber : voaindonesia.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami