15 Alasan Paus Fransiskus Tarik Perhatian Dunia (2)
Sumber: REUTERS/Tony Gentile

Internasional / 18 November 2013

Kalangan Sendiri

15 Alasan Paus Fransiskus Tarik Perhatian Dunia (2)

Lori Official Writer
3588

Paus Fransiskus yang menjadi sosok perhatian dunia juga dinilai melalui kebijaksanaan serta sikap bersahabat yang dimilikinya.

8. Paus tidak ingin Gereja Katolik menghakimi hubungan sesama jenis

Pada September 2013 lalu, Paus memperingatkan gereja Katolik untuk tidak menghakimi kaum sesama jenis. Ia bahkan mengungkapkan pernyataan yang menarik perhatian dunia pada Juli lalu dengan berkata, “Siapa aku untuk menghakimi (mereka)?”.

9. Paus menggunakan mobil Renault 4 tua

Dengan senang hati, Paus menerima hadiah mobil Renault tua dari seorang pendeta Italia, Pastor Renzo Zocca. Hal ini mencerminkan kehidupan sederhana Paus yang jauh berbeda dengan para Kardinal dan Bishop yang menjalani kehidupan mewah.

10. Ia menentang kapitalisme global

Sebagai sosok yang sederhana dan memperhatikan kaum miskin, Paus mengkritik tajam kehadiran kapitalisme yang hanya berfokus pada uang. “Kita tidak ingin sistem ekonomi global yang membuat kita melakukan banyak kerusakan,” ujarnya saat memimpin Misa di bulan September lalu.

11. Paus tidak ingin dijadikan sebagai berhala

Saat menemukan patung menyerupai dirinya berdiri di luar Katedral Bueanos Aires, ia pun segera meminta untuk mencabut kembali patung tersebut. Alasannya, ia tidak ingin disembah dan dijadikan berhala.

12. Paus membasuh kaki para tahanan pria dan wanita

Kali pertama bagi seorang Paus membasuh kaki para tahanan di Casal Del Marmo, Roma, termasuk membasuh kaki tahanan wanita.

13. Ia memiliki akun twitter

Sebagai pribadi yang mengikuti perkembangan zaman, Paus menggunakan strategi penjangkauan lewat akun twitternya.

14. Paus melakukan panggilan telepon kepada umat

Sejak terpilih menjadi pemimpin Vatikan, Paus mendapatkan banyak surat umat dari berbagai belahan wilayah. Satu per satu Paus akan melakukan perbincangan dengan mereka melalui telepon.

15. Paus mencintai perdamaian

Paus menjalin hubungan karib dengan agama lain. Ia memberi ucapan resmi saat hari besar umat Muslim di seluruh dunia beberapa bulan lalu. “Saya berharap agar umat Muslim dan Kristen saling menghormati khususnya melalui pendidikan bagi generasi muda,” ucapnya.

Paus Fransiskus disebut sebagai sosok ‘bapa’ bagi umat Katolik, layaknya seperti masa pelayanan Paulus di berbagai wilayah. Seluruh tindakan-tindakan ini didasarkan pada teladan Kristus yang menghendaki agar setiap orang percaya berlaku kasih terhadap sesamanya. Kiranya setiap gereja-gereja bergerak bersama memberi teladan yang serupa.


Baca Juga Artikel Lainnya:

15 Alasan Paus Fransiskus Tarik Perhatian Dunia (1)

Uskup Perempuan Pertama di Australia : Sarah Macneil

Samuel Pratama: Kegalauan Berubah Jadi Pujian Bagi Tuhan

Jatuh Sakit, Paus Fransiskus Tunda Agenda Pelayanannya

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers

Sumber : Globalpost.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami