Jacob Zuma Ajak Gereja Bekerja Sama Membangun Bangsa
Sumber: Theguardian.com

Internasional / 7 October 2013

Kalangan Sendiri

Jacob Zuma Ajak Gereja Bekerja Sama Membangun Bangsa

Lori Official Writer
5262

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengadakan kunjungan ke Gereja Presbyterian Injili di Giyani, Limpopo pada Minggu (6/10) kemarin. Zuma berkesempatan naik ke mimbar untuk menyampaikan pidatonya bagi seluruh jemaat yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Zuma memuji gereja atas peran besarnya dalam membangun masyarakat selama masa-masa yang paling sulit dalam sejarah Afrika Selatan.

“Di negara ini khususnya, selama masa kolonial apartheid yang paling sulit, gereja menjalankan perannya dalam bidang pendidikan melalui misi sekolah,” Zuma menyampaikan seperti tertulis dalam pidatonya.

Ia melanjutkan bahwa kontribusi gereja dalam bidang pendidikan sangat penting bagi pembangunan bangsa dan pengembangan sumber daya manusia.  Zuma juga mengajak gereja tersebut untuk terus mendukung pemerintah dan membantu dalam membangun masyarakat peduli.

“Kami juga mengandalkan gereja untuk membantu kami dalam mempromosikan pemahaman dari perbedaan antara yag benar dan salah dan untuk mengajarkan khususnya para pemuda arti dari menjadi anggota masyarakat,” tambahnya.

Pidato yang disampaikannya tersebut merupakan ajakan terhadap gereja untuk aktif dalam menumbuhkan nilai-nilai kebenaran khususnya bagi para pemuda Afrika Selatan sebagai jalan untuk membangun masyarakat yang lebih makmur.

Namun disatu sisi, kunjungan Zuma tersebut dipandang tidak murni lantaran kontroversi dirinya seputar pemanfaatan gereja dalam kampanye pencalonannya di tahun 2009 silam. Selain itu, Zuma yang dikenal sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) juga pernah dikritik lantaran mencampuradukkan masalah politik dan agama.  

Terlepas dari motif yang dilkaukan oleh Zuma, gereja yang juga merupakan bagian dari masyarakat memiliki tugas untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk membangun bangsa yang lebih baik salah satunya adalah melalui pendidikan dan penanaman nilai-nilai moral bagi warga gereja.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ahok: Harusnya Gereja Ayam Jadi Tujuan Wisata

Pendeta Palti Panjaitan : Presiden SBY Tak Banyak Bertindak

Pemerintah Florida Paksa Warganya Cabut Spanduk 'God Bless America'

Pengadilan Inggris Usul Sumpah Tak Lagi Pakai Alkitab

Brryan Jackson Ampuni Sang Ayah yang Suntikan HIV Saat Bayi

Sumber : Enca.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami