Paus Francis Reshuffle Kabinet Vatikan
Sumber: REUTERS/Tony Gentile

Internasional / 3 September 2013

Kalangan Sendiri

Paus Francis Reshuffle Kabinet Vatikan

daniel.tanamal Official Writer
4389

Kehadiran Paus Francis sebagai pimpinan otoritas tertinggi Vatikan memang menghadirkan perubahan yang begitu mencolok dan menginspirasi banyak orang. Dirinya kini bahkan melakukan reshuffle dalam jajaran kabinet Vatikan.

Salah satu tokoh yang terkena perombakan adalah Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Tarcisio Bertone yang digantikan oleh Uskup Agung Pietro Parolin. Uskup Agung Parolin bukanlah tokoh yang baru di dunia diplomasi. 

Dikutip BBC, Senin (2/9), konsultan komunikasi Vatikan, Greg Burke mengatakan bahwa Uskup Agung Parolin sempat menjabat sebagai Duta Besar Vatikan untuk beberapa negara. “Dia sempat menjadi duta besar sebelum diangkat sebagai Menteri Luar Negeri. Paus Fransiskus akan mengandalkannya untuk mengurus hubungan internasional Vatikan,” katanya.

Uskup Agung Parolin akan secara resmi diangkat pada pertengahan Oktober. Selain jabatan menteri luar negeri, Paus Francis juga mengincar perombakan di Bank Vatikan. Birokrasi Vatikan memang banyak menerima kritikan baik dari orang dalam maupun pihak luar. Beberapa pejabat Vatikan dianggap korup dan haus kekuasaan. Padahal, mereka harusnya mengabdi untuk gereja dan masyarakat.  

Saat ini Vatikan memiliki hubungan bilateral dengan sekira 160 negara. Vatikan juga menjadi anggota organisasi internasional seperti PBB. Perubahan tentu sangat diperlukan dalam sebuah hirarki gereja yang telah berdiri beratus tahun lamanya.
 

 


 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami