Presiden WCC: Kesatuan Gereja Bukan Tujuan Akhir
Sumber: http://www.oikoumene.org

Internasional / 10 May 2013

Kalangan Sendiri

Presiden WCC: Kesatuan Gereja Bukan Tujuan Akhir

Puji Astuti Official Writer
5668

Presiden WCC (World Council of Churches) Pdt. Dr. S.A.E Nababan mengungkapkan bahwa kesatuan gereja bukanlah tujuan akhir dari perayaan Celebration Of Unity (COU) namun sesungguhnya kesatuan gereja itu justru akan menopang pekabaran Injil yang dilakukan gereja.

“Kesatuan gereja adalah kehendak Tuhan. Itu sebabnya Yesus mendoakan hal itu. Dan kesatuan gereja bukanlah tujuan akhir. Gereja perlu bersatu agar dunia percaya. Kesatuan gereja itu menopang pekabaran Injil yang dilakukan gereja, pelayanan yang dilakukan, kesaksian terutama mengenai kebenaran dan mengenai kesatuan dari umat manusia,” ungkap Nababan pada tim COU saat menghadiri pertemuan koordinasi para pemimpin lembaga aras gereja nasional di Gedung ReachOut Foundation, Jalan Teluk Betung 41, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, event seperti Celebration Of Unity ini akan semakin mempererat hubungan yang terjalin di antara lembaga gereja.

“Event seperti ini paling sedikit menciptakan suasana dimana gereja-gereja dari berbagai tradisi itu mungkin untuk pertama kali bersama-sama, mungkin untuk pertama kali terlibat bersama, supaya di waktu yang akan datang makin dekat dan dapat mewujudkan kesatuan itu di setiap tempat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nababan menghimbau kepada setiap pemimpin gereja untuk tidak picik dan menyadari bahwa kesatuan gereja adalah kehendak Tuhan. Dan pemimpin gereja yang tidak melakukan hal ini dianggap gagal dalam tugasnya.

“Tugas pemimpin adalah mengajak semua orang, semua yang dipimpinnya supaya mereka itu jangan picik, jangan hanya memikirkan diri sendiri, tetapi terbuka supaya mereka mesti menyadari bahwa itu kehendak Tuhan, bukan kehendak gereja, bukan kehendak manusia. Jadi itu tugas gereja, tugas pimpinan gereja. Pimpinan gereja yang tidak melakukan ini gagal dalam tugasnya,” tegas Nababan.

Celebration Of Unity akan menjadi peristiwa bersejarah karena untuk pertama kalinya semua gereja dari seluruh aliran secara sadar memuji Tuhan bersama-sama. Suatu hal yang pastinya akan menyenangkan hati Tuhan.

“Harapan kita ialah karena ini adalah peristiwa yang pertama kali dalam sejarah kita, orang ingin karena kesadaran mau hadir di sana bersama-sama, sebab pada akhirnya kita mau memuji Tuhan. Dan setiap orang yang ingin memuji Tuhan bersama-sama, saya rasa Tuhan akan senang melihatnya,” tutup Nababan.

Baca juga artikel lainnya :

Song of Unity, Album Rohani Lagu Lama dengan Cita Rasa Baru

Berbagai Berita Tentang COU

Apa Gunanya Kenaikan Yesus Bagi Kita?

Keuntungan Saat Roh Kudus Tercurah

Saat Tangisan Digunakan Anak Sebagai Alat

Kandungan Wanita Ini Selamat Setelah Jatuh Ke Sungai

Sumber : Lestari E.P. / Celebration Of Unity
Halaman :
1

Ikuti Kami