Krisis, Paus Fransiskus Hapus Bonus Pegawai Vatikan

Internasional / 28 April 2013

Kalangan Sendiri

Krisis, Paus Fransiskus Hapus Bonus Pegawai Vatikan

Budhi Marpaung Official Writer
4534

Sebuah langkah berani diambil Paus Fransiskus dalam rangka mengatasi krisis keuangan yang kini sedang dialami Vatikan. Bonus yang biasanya diberikan pada para pegawai saat peristiwa-peristiwa khusus bakal ditiadakan oleh Paus.  

"Saya kira tidak akan ada bonus. Pengeluaran tambahan adalah sesuatu yang normal dalam keadaan berkelebihan, tapi situasi dunia tidak seperti itu sekarang,” ucap juru bicara Vatikan Federico Lombardi di Vatikan beberapa hari lalu kepada media.  

Dijelaskan oleh Lombardi, kebijakan itu diambil setelah Paus dan para petinggi Vatikan melihat iklim ekonomi secara umum.

Dalam kehidupan sehari-hari, Paus Fransiskus sebenarnya sudah meneladani kehidupan sederhana kepada uskup, pekerja, dan para umat. Salah satu contoh paling nyata adalah saat misa pelantikannya.

Ketika itu, Paus secara terbuka menyerukan kepada warga negara Argentina agar tidak melakukan perjalanan berbiaya tinggi dari Argentina ke Roma jika hanya ingin melihat kegiatan pelantikannya. Ia menilai daripada mengeluarkan biaya yang besar, alangkah lebih jika uang tersebut disumbangkan saja ke kegiatan amal yang tentunya lebih bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

Seorang pemimpin sejati memang terkadang harus mengambil keputusan-keputusan yang tidak populis demi kebaikan bersama. Tanggung jawab berat? Tapi itulah seorang pemimpin yang sebenar-benarnya.  

Baca Juga :

Paus Fransiskus Ajak Gereja Perangi Pelecehan Seksual

Semifinal Liga Champions 2013 : Magath Prediksi Bayern vs Barcelona

Tweet-an Agnes Monica Tentang Kedatangan Siwon Suju

Jokowi-Basuki Tak Setuju Pelaksanaan UN

Inilah Pembeli Misterius Sejuta BlackBerry Z10

Pendeta Suriah : Pertempuran Semakin Dekat Dengan Gereja

Caleg Kabupaten Manggarai Ikrar Janji di Katedral Ruteng

Kenji Michitakasago : Bocah Penuh Penderitaan

Sumber : voaindonesia.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami