Umat Muslim Di Sulut Kawal Ibadah Jumat Agung

Internasional / 29 March 2013

Kalangan Sendiri

Umat Muslim Di Sulut Kawal Ibadah Jumat Agung

daniel.tanamal Official Writer
8054

Ditengah maraknya aksi intoleransi, sikap saling menghargai dan menghormati antar umat beragama terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah umat Muslim di Sulawesi Utara yang terlibat langsung dalam berlangsungnya perayaan Jumat Agung.

Mereka adalah remaja masjid dan Badan Takmirul Masjid Wangurer di Kota Bitung yang ikut menjaga pawai obor Napak Tilas Jalan Salib Jemaat Gereja Kalvari Wangurer pada Kamis, 28 Maret 2013. "Ini bukti kerukunan umat beragama di Bitung dan Sulawesi Utara. Ini sudah jadi tradisi ketika umat Nasrani ada hajatan kita yang jaga. Begitu juga sebaliknya," kata Alamsyah, salah satu jemaah masjid.

Diberitakan
Tempo, semenjak persiapan pawai obor sekitar pukul 19.30 WITA, para jemaah masjid berpakaian putih lengkap dengan peci haji sudah berjaga-jaga di sekitaran kawasan  tersebut. Sementara, di sepanjang jalan dalam pawai obor napak tilas tersebut, anak-anak  bernyanyi lagi Alangkah Bahagianya Hidup Rukun dan Damai yang menjadi lagu perdamaian di Sulawesi Utara.

Dilaporkan bahwa kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara sendiri sudah mendapatkan pengakuan dunia. Atas hal tersebut, pada bulan April mendatang, di Kota Manado, Sulawesi Utara akan dilaksanakan dialog pemuka agama antara Indonesia dan Jerman. Salah satu bentuk toleransi inspiratif yang wajib disosialisasikan oleh pemerintah dan diwujudkan oleh masyarakat Indonesia secara luas.

 

 

Sumber : tempo.co
Halaman :
1

Ikuti Kami