Ribuan Kepolisian Siap Amankan Hari Paskah

Internasional / 27 March 2013

Kalangan Sendiri

Ribuan Kepolisian Siap Amankan Hari Paskah

daniel.tanamal Official Writer
2433

Sekitar 4.300 personil kepolisian akan disiagakan Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) untuk mengamankan perayaan Hari Paskah yang jatuh pada Jumat (29/3) mendatang. Pengamanan nantinya akan difokuskan dengan menempatkan sejumlah personil di gereja demi keamanan dan ketenangan umat Kristen dalam menjalankan ibadahnya.

Menurut Kombes Pol Rikwanto di wilayah hukum Polda Metro Jaya, terdapat 1.680 gereja yang akan ditempatkan beberapa personil untuk melakukan penjagaan. "Tiap-tiap polres dan polsek bertanggung jawab atas keamanan gereja-gereja di wilayahnya masing-masing dan bila memang ada Polres yang membutuhkan tambahan kekuatan pengamanan, maka Polda Metro Jaya siap memberikan bantuan," katanya. 

Selain itu Rikwanto menambahkan bahwa perkiraan pembagian personil tergantung pada luas dan besaran gereja. Untuk ukuran yang sedang, gereja akan dijaga oleh lebih dari lima personil. "Itu antara 5 hingga 25 anggota, sementara untuk gereja-gereja kecil biasanya dijaga antara 3 sampai 5 anggota. Dan yang pasti ditambah lagi anggota keamanan dari pihak gereja masing-masing," tuturnya.

Aparat keamanan perlu berkonsentrasi total dalam setiap perayaan hari keagamaan. Belajar dari pengalaman, tentu kita tidak ingin mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu antisipasi dan kerjasama diantara masyarakat lintas iman juga perlu diperlihatkan untuk menjaga kebersamaan.

 


Sumber : BeritaJakarta
Halaman :
1

Ikuti Kami