Legenda Tentang Paus Perempuan yang Pimpin Vatikan

Internasional / 17 March 2013

Kalangan Sendiri

Legenda Tentang Paus Perempuan yang Pimpin Vatikan

Lois Official Writer
8080

Meski ada sekitar 600 juta pemeluk Katolik berjenis kelamin perempuan di dunia, tak satupun punya hak memilih karena tidak termasuk dalam kardinal. Namun, ada kontroversi yang menyebutkan bahwa Vatikan pernah dipimpin oleh seorang wanita, yaitu Paus Yohana, Paus yang hidup dalam legenda Abad Pertengahan, yang diduga sempat memerintah dua tahun, sejak 853-855.

Meskipun dilarang keras oleh Gereja Katolik, setidaknya pernah ada dua film yang dibuat tentang Paus wanita ini. Baik Vatikan maupun para sejarahwan menolak mentah-mentah hal ini. Menurut Diarmaid MacCulloch, teolog dan sejarahwan dari Oxford University mengatakan kisah tentang Paus Yohana hanyalah mitos. “(Tapi) dia terus menarik rasa penasaran dan minat,” katanya seperti dimuat CNN. Menurutnya, isu ini dihembuskan oleh orang-orang yang anti kepausan, para protestan, juga pendukung revolusi Perancis yang ingin mendeskreditkan gereja.

Konon katanya, Yohana mengalahkan para pria dalam studi agama sehingga naik jadi Kardinal dan kemudian terpilih menjadi Paus. Lalu ada sebuah jalan kecil dari abad pertengahan yang dihindari dalam prosesi kepausan yang diberi nama Vicus Papissa atau Road of the Lady Pope, jalan yang diduga tempat Paus Yohana meninggal saat melahirkan. Namun sejarahwan membantah klaim ini.

Mungkin kisah ini tidak akan pernah terbukti kebenarannya. Kita tidak akan pernah tahu apakah Paus Yohana itu benar-benar ada atau hanya mitos semata. Namun, satu hal yang pasti, meski tidak mendominasi kedudukan penting, perempuan Katolik punya kedudukan penting, sama pentingnya seperti Maria, ibu Yesus.

 

Baca juga :

Perbuatan 10 Paus Vatikan Paling Kontroversial

6 Hal Unik Dari Paus Francis I

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Tuhan Ingin Anda Bahagia

Ingin Bayi Cepat Belajar? Ini Posisi Terbaik

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Indonesia : Pisang Molen

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : liputan6.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami