Pendeta Palti Panjaitan Dijadikan Tersangka Penganiayaan

Internasional / 14 March 2013

Kalangan Sendiri

Pendeta Palti Panjaitan Dijadikan Tersangka Penganiayaan

daniel.tanamal Official Writer
5125

Kejadian penolakan massa terhadap ibadah malam Natal 2012 jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, Bekasi kini berbuntut panjang. Pasalnya pendeta jemaat Palti Panjaitan dijadikan tersangka dalam kasus penganiayaan terhadap seorang anggota kelompok massa yang menolak tersebut.

Dirilis Beritasatu.com Rabu (13/3), Pendeta Palti mengatakan bahwa dirinya disangkakan melanggar KUHP pasal 352 dan 335, kasus penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan. “Saya mendapatkan surat sebagai tersangka kemarin. Pemanggilan pertama hari Rabu, 20 Maret, jam 10 pagi,” ungkapnya.

Kabarnya, pendeta Palti dituduh melakukan pemukulan terhadap seorang anggota kelompok massa bernama Abdul Aziz, yang menolak ibadah malam natal tersebut. Pendeta Palti dituduh memukul bagian ulu hati korban dalam kejadian tersebut.

Namun Pendeta Palti membantah jika dirinya melakukan pemukulan tersebut. “Dia (ustadz Abdul Aziz) mau menyerang saya. Saya turun dari motor untuk menjaga keselamatan. Dia menghampiri saya dan saya tahan dengan tangan. Polisi melerai, dan tidak ada masalah. "Kalau benar tuduhan itu, saya pasti sudah ditangkap malam itu.”

Pendeta Palti sendiri menduga bahwa kasus seperti ini hanya dipaksakan kepadanya dan menjadikan dirinya korban. “Kasus Abdul ke pengadilan, maka kasus saya ini juga dipaksakan untuk ke pengadilan. Saya melihat polisi ketakutan, maka saya dikorbankan sebagai tersangka untuk menjaga agar masa intoleran tidak mengamuk,” jelasnya.

Kepolisian dan terutama pemerintah wajib menjadikan kasus ini sebagai perhatian yang utama. Karena pembiaran ataupun nantinya jika Pendeta Palti dibebaskan akan menunjukan bahwa ada kelemahan dalam upaya penyelesaian kasus intoleransi yang sering didengung-dengungkan para pemimpin agama sebagai hal yang kasuistik.

 

Baca Juga Artikel Lain

YLBHI Kecam Pemkab Bekasi Segel Gereja HKBP

Venezuela Selidiki Kemungkinan Hugo Chavez Diracun

Ulama Iran Marah Karena Ahmadinejad Peluk Ibunda Chavez

Liga Champions : Bayern dan Malaga Lolos ke Perempat Final

Liga Champions : Barcelona dan Galatasaray Lolos Ke Perempat Final

 


Sumber : beritasatu.com
Halaman :
1

Ikuti Kami