Massa Intoleran Ganggu Ibadah Jemaat HKBP Setu

Internasional / 12 February 2013

Kalangan Sendiri

Massa Intoleran Ganggu Ibadah Jemaat HKBP Setu

Budhi Marpaung Official Writer
3897

Sebuah tindakan kurang terpuji dilakukan oleh sejumlah orang yang mengatasnamakan diri sebagai warga Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/2) pagi. Bersama dengan berbagai organisasi massa (ormas), mereka mendatangi Gereja HKBP Setu yang sedang menjalankan ibadah.

Dengan menggunakan alat pengeras suara, massa intoleran ini menyatakan penolakan terhadap keberadaan rumah ibadah di sana karena menilai kegiatan ibadah jemaat gereja setiap hari minggu adalah ilegal. Mereka menilai kegiatan ibadah melanggar kesepakatan bersama yang telah dibuat beberapa pekan lalu.

Dalam kesepakatan, ucap seorang demonstran, warga menolak segala bentuk aktivitas ibadah di tempat yang awalnya adalah rumah tinggal pribadi.

Menanggapi aksi demontrasi yang dilakukan massa intoleran, Pendeta HKBP Setu Adven Leonard Nababan mengaku hal itu membuat jemaat tidak tenang menunaikan ibadah. Jemaat berharap pemerintah secepatnya mencari solusi agar kebebasan umat beragama dapat terlindungi.

Menurut Leonard, ketiadaan IMB dijadikan alasan untuk melakukan aksi. IMB sejatinya sedang diproses hingga tingkat kecamatan. "Sejauh ini jemaat juga sudah menyelesaikan prasyarat yang tertuang dalam Surat Keputusan Bersama dua menteri yaitu persetujuan dari 89 warga dari syarat yang hanya 60 warga," katanya.

Bahkan, pihak HKBP juga sudah memegang surat pernyataan dari warga sekitar. "Kami sudah sering berdialog dengan tokoh masyarakat, ustadz di sini. Mereka mendukung kami tetap beribadah karena itu merupakan hak asasi."

Acara ibadah di HKBP Setu pada pagi itu, ujar Leonard, tetap berjalan baik meski dalam penjagaan ketat aparat kepolisian.

Massa sendiri akhirnya membubarkan diri setelah mendapat penjelasan dari Camat Setu Benny Saputra bahwa status rumah ibadah akan dibicarakan pada tingkat pemerintah Kabupaten Bekasi.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Menjadi Teman yang Baik  

Life Goes On  

Mitos-Mitos Keliru Tentang Kanker  

Kuserahkan Hidupku, Andalkan Sisi Keintiman

Sumber : metrotvnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami