Ternyata

Internasional / 24 December 2012

Kalangan Sendiri

Ternyata "Tak Beragama", Kelompok Terbesar Ketiga di Dunia

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
4645

Hasil penelitian yang menggunakan data pada tahun 2010 84 persen dari warga dunia, yang kini diperkirakan 6,9 miliar jiwa, memeluk agama tertentu.

Namun demikian kelompok "Orang tidak beragama" adalah kelompok masyarakat terbesar ketiga di dunia setelah Kristen dan Muslim, demikian hasil penelitian bertajuk "The Global Religius Landscape" yang dirilis oleh Pew Forum on Religion and Public Life, Selasa (18/12).

Adapun yang dimaksud kelompok masyarakat tanpa agama yang dimaksud dalam penelitian itu adalah mereka yang tidak memeluk agama, baik itu ateis atau agnostik, hingga mereka yang memeluk kepercayaan spritual tertentu tetapi tidak berafiliasi pada agama tertentu.

"Banyak dari mereka yang tidak terikat pada agama, sebenarnya memeluk kepercayaan spritual atau religius tertentu," bunyi hasil penelitian itu.

Studi itu menunjukkan bahwa Kristen tetap menjadi agama yang paling banyak dipeluk di dunia yang dianut oleh 2,2 miliar orang atau sekitar 31,5 persen populasi dunia. Katolik Roma adalah kelompok paling banyak dengan total pemeluk 50 persen dari seluruh populasi orang Kristen, diikuti oleh Protestan 3 persen, dan Othodoks 12 persen.

Kelompok kedua adalah Islam dengan 1,6 miliar pemeluk di dunia atau mewakili 23 persen populasi dunia. Dari jumlah itu sekitar 87 hingga 90 persen adalah penganut Islam Suni dan 10 sampai 13 persen penganut Syiah.

Studi itu juga mengungkap bahwa Kristen menjadi agama mayoritas di 157 negara dan Islam di 49 negara. Hindu hanya menjadi mayoritas di India, Nepal, dan Mauritius.

Di tempat ketiga adalah mereka yang tidak memeluk satu agama pun dengan jumlah sekitar 1,1 miliar jiwa. Sekitar 62 persen dari kelompok ini tinggal di China. Jepang adalah negara kedua yang mempunyai warga yang tidak menganut agama tertentu. Sekitar 72 juta orang Jepang atau setara 57 persen populasi di sana tidak memeluk agama tertentu. Di urutan ketiga ada Amerika Serikat yang 51 juta warganya tidak mempunyai agama.

Pemeluk Hindu adalah kelompok masyarakat terbesar keempat di dunia dan terpusat di India, Nepal, serta Bangladesh. Budha berada di peringkat ke lima dan mayoritas pemeluknya hidup di China, Thailand, dan Jepang.

Studi itu juga menemukan bahwa sekitar 405 juta orang atau sekitar 6 persen dari populasi dunia memeluk kepercayaan tradisional seperti yang ditemukan di Afrika, China, Amerika, dan penduduk asli Australia.

Sekitar 58 juta orang atau sekitar 1 persen warga dunia memeluk agama-agama kecil seperti Baha'i, Taoisme, Jainisme, Shinto, Sikh, Tenrikyo, Wika, dan Zoroaster.

Sangat disayangkan karena hasil penelitian 2010 tersebut tidak berhasil mencatat persentase jumlah orang yang cinta Yesus dan hidup dipulihkan oleh Roh Kudus. Namun paling tidak data tersebut dapat menjadi alat yang berguna bagi gereja Tuhan untuk menjangkau kelompok non Kristen yang ternyata masih begitu banyak. Tidaklah heran kalau kiamat belum terjadi karena ’PR’ orang benar masih begitu besar.

 

Baca Juga :

Penyebab Perawat Kate Middleton Bunuh Diri

CLBK ala Katie Holmes dan Tom Cruise

Ferguson Harap CR 7 Kembali ke Setan Merah

Lionel Messi Unggul 25 Gol 'Top Scorer' La Liga

PBB Turun Tangan: Stop Sunat Kelamin Perempuan!

Ahok Segera Gaji Pemulung Rp 2 Juta

Karya Sang Maestro

Sumber : beritasatu / jp.mamora
Halaman :
1

Ikuti Kami