Hikmah dalam Berwisata Rohani, Segarkan Tubuh dan Jiwa

Internasional / 3 July 2011

Kalangan Sendiri

Hikmah dalam Berwisata Rohani, Segarkan Tubuh dan Jiwa

Lois Official Writer
5189

Bisa menjalankan ibadah sekaligus berwisata untuk menyegarkan pikiran kerap menjadi pilihan sejumlah kalangan, terutama bagi mereka yang memiliki dana yang cukup. Kini, wisata ke Israel cukup banyak digemari oleh orang Indonesia yang beragama Kristen ataupun Katolik. Terlebih, saat ini banyak biro perjalanan yang mulai menawarkan paket-paket wisata ibadah dengan harga yang kompetitif tanpa mengurangi kesakralan selama menjalankan panggilan hati untuk mendekatkan diri dengan sang Ilahi.

Tidak hanya biro perjalanan, ada juga pendeta ataupun gereja-gereja yang melakukan kegiatan wisata ini untuk para jemaatnya. Keinginan menjalankan wisata ibadah juga dirasakan Endang Kusuma. Wanita yang berprofesi sebagai Polwan di Polresta Barelang Batam ini mengaku, rindu melihat tempat yang memiliki makna khusus bagi umat Kristiani seperti Yerusalem dan Betlehem di Israel. “Karena iman yang mendorong keinginan tersebut,” ujar ibu tiga anak ini.

Keinginannya untuk melihat tempat-tempat sakral seperti dimana Yesus dilahirkan, disalib atau di taman bahagia dimana Yesus memberi makan lima ribu orang bisa terkabulkan. Meskipun keinginannya untuk berangkat bersama suami tidak terkabulkan karena dipanggil Tuhan lebih dulu, akhirnya dia bisa berangkat tahun 2010 lalu. “Sungguh pencerahan bagi saya. Ini merupakan keajaiban Tuhan. Semua yang difirmankan-Nya sungguh terjadi melalui tempat-tempat yang saya kunjungi,” ceritanya.

Menurut penuturan Simon Budi, Direktur Kurnia Djaya Wisata Tour and Travel. Pria yang akrab dipanggil Budi Simon ini menuturkan kebanyakan umat Kristiani yang melakukan wisata rohani atau ziarah ke tanah suci untuk mempertebal iman mereka. “Selama ini, keberadaan kota Yerusalem dan Betlehem hanya didapat dari kotbah-kotbah pendeta di hari Minggu. Melihat secara langsung tempat-tempat bersejarah tersebut membuat iman Kristiani akan semakin dikuatkan imannya,” ungkapnya. Dia juga mengatakan bahwa wisata rohani ini diisi dengan kebaktian dan renungan yang dilakukan oleh pendeta atau pastur.

Berwisata memang menjadi pilihan utama dalam menghabiskan masa liburan, terutama bagi keluarga-keluarga kecil, apalagi ketika liburan sekolah dimulai. Wisata rohani merupakan salah satu pilihan yang menarik. Jangan lupa foto-foto ya! Apalagi sebentar lagi Jawaban.com akan mengadakan kontes foto yang bertema “Liburanku Inspirasiku”. Kapan kontes ini akan dimulai? Berseluncur terus di Jawaban.com

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami