Tour de Singkarak Makin Diminati, 26 Negara Akan Ikut Ajang Ini
Sumber: bola.net

Nasional / 27 May 2013

Kalangan Sendiri

Tour de Singkarak Makin Diminati, 26 Negara Akan Ikut Ajang Ini

Lois Official Writer
3621

Pada 2-10 Juni mendatang, ajang balap sepeda Tour de Singkarak 2013 akan digelar. Sebanyak 220 pembalap dari 26 negara akan ikut meramaikan ajang ini. “Tour de Singkarak 2013 akan melombakan tujuh etape yang berjarak total 1027 kilometer,” kata Noviendi Makalam, Kepala Pusat Komunikasi Publik. 

Sejumlah negara yang ambil bagian di ajang TdS tahun ini yaitu Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirzigtan, Rusia, Taipei, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Perancis, Malaysia, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Total hadiah yang diperebutkan dalam ajang ini mencapai Rp 1,2 miliar dimana para pembalap akan melewati 17 kota dan kabupaten di Sumbar.

“Tim dari luar negeri sudah menyatakan konfirmasinya untuk ikut dalam TdS yang kelima kalinya dilaksanakan ini,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, Burhasman Boer. Adapun tim dari dalam negeri yang ikut yaitu Tim Nasional Indonesia, BRCC Banyuwangi Team, Custom Cycling Team, Binong Baru Pessel, Putra Perjuangan Bandung, dan Tim Sumbar.

Ini dia tujuh etape yang harus ditempuh di TdS :

Etape 1 (2/6) Bukittinggi-Bonjol sepanjang 104 km

Etape 2 (3/6) Payakumbuh – Danau Singkarak sepanjang 124,5 km

Etape 3 (4/6) Padangpanjang – Istano Basa Pagaruyung 206,5 km

Etape 4 (5/6) Sijunjung – Pulau Punjung 189,5 km

Etape 5 (6/6) Sawahlunto – Muaro Labuah 138,5 km

Etape 6 (8/6) Pariaman – Painan 144,5 km

Etape 7 (9/6) Padangpariaman – Padang circuit 143,5 km

Burhasman juga menjelaskan, selama empat tahun pelaksanaan TdS, kegiatan ini menjadi promosi paling efektif bagi pariwisata. Hal ini disebabkan Sumbar memiliki keungulan seperti dari segi aksesibilitas dari Padang ke kabupaten lainnya yang relatif dekat dan variasi objek wisata yang beragam mulai dari gunung, danau, sungai, pantai, dan pulau. TdS 2013 ini pun digarap lebih serius. Sejumlah helikopter disiapkan untuk trik pengambilan gambar di spot-spot yang telah ditentukan. Kiranya pariwisata di Indonesia makin maju dan mendatangkan devisa untuk negara sehingga perbaikan dapat terus dilakukan.

 

Baca juga :

Forum : Keindahan Panorama yang Ternyata Masih di Ada di Indonesia

Mari Jadi Perpanjangan Tangan Tuhan Lewat Media

Resep Pizza Singkong yang Lembut Banget

Mendapatkan Jodoh yang Terbaik (1)

Berbagai Alasan Orangtua Menjodohkan Anaknya

Mastektomi Dilakukan, Keindahan Wanita Berkurangkah

Sumber : postmetropadang-viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami