Ini Dia Alasan Manusia Tidak Bisa Minum Air Laut

Serba-Serbi Sehat / 22 January 2012

Kalangan Sendiri

Ini Dia Alasan Manusia Tidak Bisa Minum Air Laut

Lestari99 Official Writer
13743

Pernahkah Anda mencoba minum air laut? Rasanya yang asin membuatnya kurang nikmat untuk dikonsumsi. Namun ada alasan lainnya yang perlu Anda ketahui kenapa manusia tidak dapat mengkonsumsi air laut.

Meminum air laut justru dapat menyebabkan dehidrasi. Jika Anda minum air laut, Anda akan buang air kecil lebih banyak dari air yang Anda minum. Hal ini terjadi karena tubuh berusaha menyingkirkan garam ekstra yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, minum air laut juga dapat menyebabkan Anda merasa lebih haus dari sebelumnya.

Kadar asin di dalam air laut sesungguhnya dapat dihilangkan, namun tekhnik ini membutuhkan energi yang sangat besar. Beberapa hewan bahkan berevolusi selama ratusan tahun agar dapat menyiasati masalah garam ekstra yang terdapat di air laut.

Misalnya saja elang laut. Burung yang satu ini memiliki kelenjar garam khusus di belakang rongga matanya. Kelenjar ini berfungsi menyaring garam dari air saat sang burung meneguk air laut ketika menangkap mangsanya. Garam ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk larutan garam yang mengalir keluar melalui ujung paruhnya.

Segala keunikan yang terjadi di alam semesta ini semakin membuat kita menyadari betapa luar biasanya Allah Sang pencipta itu. Hasil karya tangan-Nya yang mengagumkan terlihat nyata dari kehebatan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami