Supaya Tetap Fit Saat Jalani Puasa, Kamu Wajib Lakukan 10 Tips Sehat Ini (Bagian 2)
Sumber: dailyburn.com

Health / 23 May 2017

Kalangan Sendiri

Supaya Tetap Fit Saat Jalani Puasa, Kamu Wajib Lakukan 10 Tips Sehat Ini (Bagian 2)

Lori Official Writer
6112

Di artikel sebelumnya sudah dibeberkan soal tips menjalankan puasa yang sehat. Nah, di artikel kali ini juga kembali membeberkan beberapa tips puasa sehat lainnya yang bisa kamu terapkan, diantaranya:

6. Periksa kondisi kesehatan terlebih dahulu

Seseorang yang memiliki latar belakang kesehatan seperti anoreksia, bulimia, mag atau asam lambung, mungkin tidak disarankan untuk menjalani puasa yang sangat ketat. Jadi sebelum menjalani jenis puasa tertentu, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan berpuasa.

Mereka yang menderita diabetes atau hipoglikemia bisa memodifikasi puasa jus dengan mengkonsumsi smoothy yang terbuat dari sayur-sayuran hijau ditambah dengan alpukat yang mengandung banyak protein dan lemak alami.

Sebagai catatan penting: Puasa air dan jus yang super ketat sangat tidak dianjurkan bagi anak-anak di bawah umur 15 tahun.

7. Pilih waktu puasa yang tepat

Ada orang yang mungkin bisa melewati puasa selama 40 hari, seperti yang dilakukan Yesus. Tapi puasa seperti ini pasti terasa sangat berat. Karena itu kebanyakan orang yang menjalankan puasa tiga hari saja. Puasa jenis ini bisa dilakukan dengan memilih waktu yang tepat, misalnya memulainya dari hari Jumat dan mengakhirinya di hari Minggu. Puasa di akhir pekan yang minim dengan hari kerja sangat tepat menjalani puasa.

8. Kenali gejala puasa yang sehat

Saat tubuh melepaskan racun yang menumpuk, akan timbul gejala berupa detoks seperti sakit kepala, kelelahan, pusing atau bau mulut. Jangan khawatir, gejala ini justru menjadi pertanda baik saat puasa karena saat itulah tubuh mulai bekerja membersihkan racun penyebab penyakit. Jadi, jangan berhenti berpuasa sampai gejala itu tidak lagi timbul.

9. Berdoalah selama puasa

Puasa dan doa adalah dua hal yang saling mendukung dan hal ini ditulis di dalam Alkitab. Kapan pun kita berpuasa, kita diingatkan untuk berdoa sebagai dorongan bagi pertumbuhan rohani dan pembaharuan jiwa kita.

10. Istirahat yang berkualitas

Cara kamu berbuka puasa sangat berhubungan dengan berhasilnya kamu menjalani puasa itu sendiri. Karena itu, cobalah memulai puasa di hari pertama dengan jus sayur, smoothy, buah dan sayuran mentah, sup sayuran, dan sayuran kukus. Jangan sekali-kali memulai puasa dengan makanan berat seperti burger, kentang goreng, steak atau kentang. Karena makanan ini hanya akan menimbulkan kram di perut dan masalah gangguan pencernaan.

Untuk diketahui, disiplin berpuasa sangat penting bagi kesehatan kita loh. Berpuasa menjadi terapi kesehatan terbaik dibanding terapi lainnya. Di satu sisi, puasa bermanfaat untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. Puasa juga berguna untuk menyeimbangkan kadar PH dalam tubuh dan memperbaiki fungsi pencernaan. Selain itu, puasa juga ternyata bisa mengurangi gejala alergi. Sebagaimana disampaikan dalam artikel sebelumnya, puasa adalah bagian dari disiplin spiritual yang sangat penting dilakukan. Tapi saat kita berpuasa, dukunglah puasa dengan doa. 

Sumber : Charismamag.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami