Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
4448


Selalu ada dua penyebab perceraian, pertama terjadi karena sesuatu yang sebab yang tidak disadari dan kedua karena keduanya buta.

Perceraian yang terjadi karena suatu sebab yang tidak disadari meliputi:

- Buru-buru menikah tanpa menyelesaikan persoalan masing-masing atau kedua belah pihak terlebih dahulu. Misalnya, kecanduan, karakter kasar dan keras, cara bicara yang buruk dan kondisi keluarga yang tidak baik.

- Menikahi seseorang yang memiliki karakter yang sangat bertolak belakang. Misalnya, pasangan yang suka berbohong atau selingkuh.

- Menikah tanpa memiliki komitmen yang kuat untuk sama-sama menjalani pernikahan dalam segala keadaan.

- Menikah dengan seorang pemalas.

Mudah sekali bukan memprediksi bagaimana perjalanan pernikahan seperti ini. Apakah bisa bertahan lama atau hanya sementara. Ini sama halnya dengan memprediksi pernikahan yang baik mengalami goncangan.

Dengan semua kekeliruan yang kita lakukan saat memutuskan untuk menikah apakah pernikahan kita pasti akan berujung pada perceraian? Padahal, dari sekian banyak pernikahan yang berakhir dengan perceraian, sebagian besar diantaranya merupakan pernikahan yang dibangun dengan keputusan yang benar.

Perceraian yang terjadi dalam sebuah pernikahan yang kelihatannya bahagia dan baik-baik saja disebabkan karena sinyal-sinyal yang salah, seperti:

- Utang yang terus bertambah (Ibrani 13: 5; Roma 13: 8)

- Komunikasi yang tidak baik (Amsal 12: 18; Amsal 18: 2; Amsal 29: 11).

- Istri-istri yang hanya fokus dengan penampilan fisik (1 Yohanes 2: 16-17). Tampil sehat dan menarik dimata pasangan memang penting. Tapi menjadi salah ketika motivasi itu ditujukan untuk mendapatkan pujian dari banyak orang, seperti tetangga atau rekan kerja.

- Mengulangi kesalahan terus menerus selama pernikahan (1 Korintus 13: 11). Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Itu hal yang wajar apalagi dalam kehidupan berumah tangga. Tapi jadi tidak wajar kalau pasangan suami/istri terus menerus mengulangi kesalahannya. Bagaimanapun, setiap orang pasti punya batas kesabaran dan akibat dari kesalahan itu pasti akan berimbas pada ketidakharmonisan dalam hubungan.

- Tidak memupuk cinta dalam pernikahan. Hal ini bisa menyebabkan cinta antara suami dan istri meredup. Akibatnya, pernikahan menjadi hambar dan membuat suami atau istri mulai mencari pelarian di luar rumah. Pengkhotbah 9: 9 memberikan kita lima kata nasihat penting. “Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.”

Karena itu, kita semua pasti setuju supaya kita berhati-hati dalam memilih pasangan hidup. Nikahilah seseorang yang sehat secara psikologis. Karena mereka yang masih bergumul dengan dirinya sendiri adalah orang-orang yang tak ingin bertumbuh menjadi lebih baik.

Jadi untuk mengurangi kehancuran pernikahan dikalangan orang-orang Kristen, kita hanya butuh sedikit usaha dan perhatian. Persiapkan hati dan pikiranmu hanya selama 5 menit saja merenungkan hal ini.

Mulailah melakukan beberapa hal bersama pasanganmu. Baca firman Tuhan bersama-sama dan mulailah dengan analogi lampu sorot dengan mengajukan pertanyaan:

- Apakah firman ini ditujukan untuk kita?

- Apakah hal ini menunjukkan lampu kuning bagi pernikahan kita?

 - Apakah ini masalah lampu hijau bagi kita?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, mulailah mencari tahu hal-hal yang perlu diperbaiki dan yang memerlukan perhatian penuh dalam pernikahan. Jangan sampai masalah-masalah kecil yang dibiarkan terus tumbuh menjadi bumerang yang merusak pernikahan.

Sumber : Churchleaders.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dheaa 21 November 2017 - 18:56:18

Dua buah muatan identik qA dan qB sebesar +0,5C be.. more..

0 Answer

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Zidan 20 November 2017 - 05:55:45

Apa saja yang termasuk perilaku menghardik anak ya.. more..

1 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7333

advertise with us