Lupakanlah Yang Telah Lalu, Ini Saatnya Kamu Move On!
Kalangan Sendiri

Lupakanlah Yang Telah Lalu, Ini Saatnya Kamu Move On!

Puji Astuti Official Writer
      6262

2 Korintus 5:17

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu135[/kitab] ; [kitab]IIKor8[/kitab]; [kitab]ITawa5-7[/kitab]

Hidup kita penuh dengan kenangan baik dan buruk. Kesan masa lalu hidup di dalam pikiran kita, dan kita bisa melihatnya berulang-ulang. Adegan yang kita ingat seperti potongan gambar, selamanya berhenti pada waktunya. Meski begitu, mereka membangkitkan perasaan kuat yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pemikiran kita. Ironisnya, sebagian besar gambar tak bernyawa ini menentukan siapa dan apa kita saat ini walaupun hal itu telah kejadian dan tempatnya telah berlalu bertahun-tahun lalu. Sikap kita saat ini, dan juga perilaku kita, bergantung pada peristiwa mana yang kita pilih untuk kita pakai.

Sifat manusiawi kita adalah memikirkan hal negatif - apa yang kita sesali atau yang telah menyakiti kita. Sifat Ilahi kita, di sisi lain, melihat ke depan dan berfokus pada apa yang ada di depan Kerajaan Allah. Kita dapat dengan mudah terobsesi dengan yang pertama dan melupakan yang terakhir, meski kita tahu sorga harus didahulukan. Itulah mengapa kita memiliki begitu banyak masalah "melanjutkan hidup kita" ketika kita telah tersinggung atau terluka. Kita melihat begitu lama refleksi yang membuat kita tidak bahagia sehingga kita tidak dapat melihat apa yang ada untuk membuat kita bahagia.

"Saya tidak bisa melakukannya," kamu mungkin berpikir demikian. "Terlalu banyak yang harus saya lupakan dan terlalu banyak untuk saya maafkan. Rasa sakit dan kemarahan tidak akan hilang. Saya masih menderita. Tidak mungkin saya melupakan apa yang terjadi." Sebagian besar, kamu benar. Kamu tidak bisa melupakan masa lalu. Kamu tidak bisa melupakannya begitu saja, setidaknya tidak dengan kemampuanmu sendiri. Tapi Yesus bisa. Dia bisa membuat kamu melupakan dan memaafkan. Dia bisa memberi kamu kekuatan untuk melanjutkan tanpa rasa sakit dan kegelisahan. Dia bisa menyembuhkan luka sepenuhnya jika kamu mengijinkannya.

Inilah saatnya bagi kita untuk menyingkirkan apa yang menghalangi kita untuk menjadi diri kita sendiri: anak Allah yang luar biasa yang diciptakan Tuhan, bukan yang diciptakan dunia. Ambillah semua foto kehidupanmu yang  masih kamu ingat di dalam pikiranmu. Taruhlah semuanya di meja di depanmu. Lihatlah satu-satu dengan hati-hati, lalu pilih yang ingin kamu simpan dan yang ingin kamu lupakan. Buanglah gambar yang tidak layak disimpan dan tunjukkan pada orang lain. Apa untungnya atau tujuan ketika kamu berbagi sesuatu yang mengingatkan kita pada siapa kita dulu? Kita bukanlah orang yang sama seperti dulu. Kita telah berubah.

Firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! ~ Yesaya 43:18. 

Kamu, sahabatku, adalah "hal baru!" itu. Jika orang-orang di sekitar kamu tidak mengenalmu hari ini karena mereka tidak menyadari siapa kamu  sekarang; Mereka melihat dirimu yang bertahun-tahun yang lalu. Mereka hanya melihat apa yang mereka ingat waktu itu, tidak lebih dan tidak kurang. Menurut kamu apa yang akan terjadi, misalnya, jika kamu  tiba-tiba kembali bertemu dengan orang yang sama yang pernah menyakitimu? Apakah mereka akan menyambut kamu kembali? Mungkin tidak. Mereka tidak bisa melupakan masa lalu karena mereka tinggal di dalamnya. Mengapa, kemudian, apakah kamu ingin terus melihat kenangan suram tentang apa yang telah terjadi dan selesai?

Kamu dan saya dibuat untuk hidup di hari ini, bukan kemarin. Masa depan kita bergantung pada masa sekarang, dan tidak ada yang lebih penting daripada apa yang kita lakukan saat ini. Saat ini adalah saat yang tepat untuk mulai bergerak maju lagi dan berhenti membiarkan rasa bersalah menghentikan kita. "Barangsiapa yang telah dimerdekakan oleh Anak Allah, maka dia telah bebas." Tidak ada alasan untuk apapun (atau siapapun) untuk menahan kita. Tidak ada satu orang pun di bumi yang bisa menawan kita kembali karena kita telah dilepaskan dari perbudakan. Singkirkan foto-foto lama kamu saat kamu kalah dan terluka. Satu-satunya yang perlu kamu simpah adalah gambar Yesus di kayu salib.

Hak Cipta © Bruce Swaffield. Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami