Ucapkan Ini Ke Tuhan, Komedian Irlandia Ini Dianggap Nistakan Agama
Sumber: TARDIS Wikia

Internasional / 8 May 2017

Kalangan Sendiri

Ucapkan Ini Ke Tuhan, Komedian Irlandia Ini Dianggap Nistakan Agama

Lori Official Writer
3065

Komedian di sebuah stasiun televisi Inggris, Stephen Fry dilaporkan ke polisi oleh seorang penonton karena mengucapkan hal yang dianggap menistakan Tuhan. Hal ini memang sudah terjadi dua tahun silam, ketika Fry menghadiri program hiburan ‘Meaning of Life’ di televisi RTE yang dibawakan oleh Gay Byrne. Saat itu Fry ditanyai pertanyaan soal reaksi Fry kepada Tuhan jika kelak berada di depan gerbang surga.

“Berani sekali Anda menciptakan dunia yang penuh kesengsaraan ini? Ini bukan kesalahan kami ‘kan? Kenapa saya harus menghormati Tuhan yang berubah-ubah, bodoh, berpikiran jahat, yang menciptakan dunia yang penuh ketidakadilam dan nestapa?” jawab Fry.

Ucapan inilah yang menghadapkan Fry saat ini dengan gugatan yang diajukan oleh warga asal kota Ennis terhadapnya. Sebagaimana tertera dalam undang-undang negara Irlandia yang disahkan pada tahun 2009 silam, ucapan Fry dianggap sebagai ucapan kasar atau menghina sesuatu yang suci oleh ajaran agama tertentu dan diyakini memenuhi kriteria penistaan agama.

Meresponi hal tersebut, Fry menyampaikan bahwa dirinya malah tak pernah berpikir dan berniat untuk menyinggung agama tertentu. “Saya tidak berpikir bahwa saya pernah menyebut satu agama tertentu dan saya tidak berniat dan sebenarnya saya tahu, saya tidak mengatakan sesuatu yang menyinggung agama tertentu,” ucapnya.

Sementara pihak kepolisian mengaku masih terus melakukan penyelidikan. Jika pria kelahiran 1957 ini terbukti bersalah, dirinya akan dikenakan hukuman berupa denda sebesar £ 22.000 (setara Rp380.7 juta).

Sumber : Bbc.com/Arah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami