Pernyataan Paus Fransiskus Ini Tuai Kritik Tajam dari Organisasi Yahudi
Sumber: AP

Internasional / 25 April 2017

Kalangan Sendiri

Pernyataan Paus Fransiskus Ini Tuai Kritik Tajam dari Organisasi Yahudi

Lori Official Writer
3929

Pemimpin tinggi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus mendapat kritikan tajam dari sebuah organisasi Yahudi Amerika (AJC) karena pernyataannya yang menyamakan penampungan pengungsi Timur Tengah seperti kamp konsentrasi Nazi. Paus Fransiskus membuat perbandingn itu saat mengunjungi Basilika Roma di mana di bertemu sejumlah pengungsi pada Sabtu (22/4/2017).

Di sana dia mengisahkan soal kunjungannya ke sebuah penampungan sementara pengungsi di Pulau Lesbos, Yunani tahun lalu. Di sana dia menyaksikan bagaimana tempat penampungan penuh sesak. Kondisi itulah yang membuat Paus menyamakannya seperti kamp konsentrasi.

Namun nyatanya, AJC mendesak Paus untuk mempertimbangkan kembali pemilihan kata-kata tersebut. “Kondisi di masa para imigran yang tinggal di beberapa negara di Eropa mungkin sulit, dan patut mendapatkan perhatian masyarakat Internasional, tapi tentu saja itu bukan kamp konsentrasi,” ucap kepala AJC, David Harris.

Dia menjelaskan bahwa kamp konsentrasi Nazi tentu saja dibangun untuk praktik kerja paksa dan pemusnahan jutaan kaum Yahudi selama Perang Dunia II. Karena itu, tak ada sama sekali persamaan antara penampungan imingran dengan kamp konsentrasi.

“Penggunaan bahasa dan fakta yang tepat sangat penting saat membuat referensi historis, terlebih jika pernyataan itu datang dari seorang tokoh dunia yang terpandang dan dihormati,” lanjutnya.

Terkait kritikan tersebut, pihak Vatikan hanya menyampaikan bahwa pernyataan Paus Fransiskus tersebut hanyalah ungkapan spontan saja.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami