Share this article :

Kerjaan Sampingan Itu Penting Loh Untuk Pekerjaanmu, Ini 4 Trik Agar Keduanya Berkembang

 Thu April 20th, 2017
 195

Artikel ini ditulis oleh :

Puji Astuti

Official Writer
 

Kerjaan Sampingan Itu Penting Loh Untuk Pekerjaanmu, Ini 4 Trik Agar Keduanya Berkembang Sumber : Forbes.com

Banyak pengusaha sukses memulainya sebagai pekerjaan sampingan, sesuatu yang mereka kerjakan di luar jam kerja. Sekalipun pekerjaan sampinganmu tidak mencapai kesuksesan besar, hal itu menjadi pengalaman yang berharga. Sebab, pekerjaan sampingan bisa menjadi kesempatan untuk mengerjakan apa yang menjadi hasrat terbesarmu dan juga memperluas jaringan. 

Pemimpin kreatif yang baru-baru ini menduduki posisi sebagai US Head  of Creative Strategy di Snapchat, Greg Wacks  membagikan beberapa tips agar pekerjaan dan juga pekerjaan sampinganmu bisa sama-sama berkembang melalui artikel yang ditulis oleh Paulina Guditch ini:

1#  Pisahkan antara dirimu di tempat kerja dari dirimu secara pribadi

Sangat mudah untuk melebur dalam budaya perusahaan, terutama jika kamu menyukai bekerja disana dan mencintai apa yang kamu kerjakan. Tetapi, hati-hati jangan sampai kamu tersesat dalam budaya itu dan menelantarkan apa yang menjadi hasrat terbesarmu. 

"Kamu mengambil karir yang dapat menopangmu. Bagian tersulitnya adalah pelan-pelan passionmu akhirnya tertinggal dibelakang karena kamu tersedot ke dalam budaya dan cara hidup yang menantang dan menyenangkan itu," demikian ungkap Wacks. 

Menurut Wacks, pekerjaan sampingan itu bukan hanya bagus tapi sangat penting!

"Pekerjaan sampingan memberikan kamu cara pandang terhadap pekerjaan utamamu. Jika kamu tidak mempunyainya, kamu akan tenggelam dalam pekerjaanmu  sehingga ada bagian dirimu yang lama-lama akan menghilang."

Ini bukan tentang membangun keseimbangan, tetapi tentang membangun budayamu sendiri, nilai-nilai pribadimu, sesuatu yang diluar jam 9-5 dan yang akan memotivasi dirimu untuk terus berkembang. Ambillah waktu untuk menanyakan tiga hal ini:

a Apa yang kamu anggap bernilai dalam karirmu dan kehidupanmu?

b Apa yang jadi target jangka pendekmu?

c Seperti apa dirimu dalam lima tahun atau sepuluh tahun ke depan?

2#  Buatlah batasan dan struktur

Dengan perkembangan tekhnologi seperti saat ini, sangat sulit untuk lepas dari pekerjaan. 

"Dalam dunia Startup saat iini, jam kerja begitu intens dan dengan tekhnologi, kamu tidak bisa berhenti. Saya bisa berkata saya tidak meninggalkan kantor pada jam enam. Saya cuma memindahkannya."

Pekerjaan sampingan harusnya tidak mempengaruhi performa pekerjaanmu, tetapi sangat penting untuk membuat batasan. 

"Kamu perlu menjadikannya terstruktur. Kamu tidak bisa hanya memiliki ide di kepalamu selama tiga, empat atau lima tahun," demikian ungkap Wack.

Memiliki komitmen dengan kerja terjadwal khusus untuk proyek pribadimu itu sangat penting. Jangan memeriksa email pekerjaan pada jam itu, dan jangan merasa bersalah dengan menolak acara berhubungan dengan pekerjaan yang tidak terlalu penting.

Buatlah tenggat waktu untuk setiap tahapan dari proyekmu agar bisa tetap sesuai rencana. Buatlah tenggat waktu itu sejajar dengan dengan indikator performa yang berhubungan dengan proyekmu. 

3#  Buat passionmu jadi penghasil uang

Apa yang salah dari kebanyakan orang tentang kerja sampingan adalah hal itu bukan hanya sekedar menghasilkan tambahan uang atau mengejar apa yang yang menjadi hasrat terbesarmu. Dua hal itu harus ada. 

Namun tetap, jangan sampai fokusmu pada passionmu teralihkan oleh keuntungan finansial yang kamu dapat. Hal itu hanyalah bonus!

4#  Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama

Mengerjakan pekerjaan sampingan bisa membuatmu menghabiskan waktu banyak sendiri. Namun jangan sampai karenanya kamu tidak memiliki kehidupan sosial. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama, dan juga menjaga hubungan dengan sahabat dan keluarga penting bagi kesehatan dan juga kesejahteraanmu. Jadi aturlah waktumu baik-baik, sehingga sekalipun kamu sibuk dengan pekerjaan sampinganmu, kamu tetap memiliki waktu untuk gaul. 

Selain itu ingat ya, penting untuk tetap menjaga fokus saat kamu di pekerjaan, jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu konsentrasimu. Jika memang usaha yang kamu kerjakan mulai berkembang dan butuh fokus lebih, kamu harus pertimbangkan baik-baik untuk meninggalkan pekerjaan, namun buatlah persiapan yang matang ya..

Sumber : Forbes.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Yovita Anum Prihantari 19 April 2017 - 11:27:34
Kami berdoa untuk kesembuhan anak kami, Patrick 10... more..

aditya 13 April 2017 - 08:23:57
usaha saya pailit, utang banyak , tiap hari dimak... more..

William Gosal 10 April 2017 - 00:08:11
Mohon doakan supaya saya dapat memaafkan diriku at... more..

LAURENTIUS 6 April 2017 - 10:56:29
Mohon dukungan doa untuk mendapat pekerjaan..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih Pasangan yang Terbaik
Memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah tapi harus dilakukan. Ada banyak pertimbangan yang ha...