Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1424


Liburan jadi nggak menyenangkan karena barang-barang yang kamu simpan di bagasi pesawat hilang atau kecolongan? Kasus ini memang kerap terjadi dan menimpa sejumlah penumpang maskapai. Tapi supaya kamu nggak lagi mengalami kejadian serupa, kamu bisa melakukan cara pencegahan berikut ini:

1. Pakai koper yang berwarna berbeda

Pakailah koper dengan corak warna yang terang atau mencolok. Hal ini berguna supaya kamu bisa lebih mudah menemukannya saat dalam pengambilan bagasi. Atau bisa juga dengan membeli pelindung koper yang banyak dijual di toko. Pelindung ini tentunya akan membuat koper yang kamu bawa lebih mudah dikenali.

2. Foto bagian luar dan dalam koper

Hal ini berguna untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi sewaktu-waktu. Kalau koper ternyata hilang, kamu hanya perlu menunjukkan fotonya kepada petugas bandara untuk mempermudah pencarian. Bisa juga untuk memperlihatkan kondisi tasmu saat masuk bagasi kalau ternyata setelah diambil ada yang rusak atau hilang.

3. Pakai alat pelacak koper

Kamu bisa mengikatkan tali pelacak dengan microchip di bagian kopermu sewaktu-waktu hilang petugas bisa lebih mudah menemukan tasmu. Dengan alat canggih ini, para traveler bisa melacak lokasi keberadaan tas mereka.

4. Pilih penerbangan langsung

Menggunakan pesawat dengan cara transit dalam beberapa kali untuk satu tujuan akan sangat merepotkanmu. Kenapa? Karena setiap kali transit, kamu juga harus antri untuk memindahkan barang kembali ke pesawat lainnya dan besar kemungkinan akan mengalami kehilangan bagasi.

5. Jangan jauh daroi tempat pengambilan bagasi

Banyak orang yang memang akan antri saat hendak mengambil bagasi ketika penerbangan tiba. Tapi supaya kamu tidak kehilangan koper, ada baiknya mengantri dekat dengan conveyor pengambilan bagasi supaya kamu bisa mengawasi barangmu sendiri. Selain itu, hal ini penting kamu lakukan supaya barangmu tak tertukar dengan orang lain.

6. Jangan terlalu cepat atau terlalu terlambat memasukkan bagasi

Pada umumnya, setiap penerbangan memberlakukan aturan dimana semua bagasi baru akan masuk tidak lebih dari 90 menit sebelum penerbangan. Karena itu, supaya koper atau tas kamu tidak kececer dengan barang dari pesawat yang lebih dulu lepas landas, ada baiknya jika kamu memasukkan barang ke bagasi tidak terlalu awal dan tidak terlalu lambat.

8. Jika barang di bagasi hilang atau kebobolan segera melapor

Jika ternyata barang kamu hilang atau kebobolan, segeralah melaporkannya kepada pihak maskapai yang bersangkutan. Buat juga klaim soal kehilangan barang tersebut. Meskipun maskapai akan berusaha untuk menemukan barangmu setelah kamu melaporkannya, kamu tetap harus membuat surat klaimnya. Biasanya kamu hanya perlu mengisi formulis khusus untuk klaim dan menjelaskan secara rinci isi dari koper atau tas kamu.

9. Jangan menyimpan barang berharga di bagasi

Sejumlah penerbang menyampaikan bahwa dilarang untuk menaruh barang-barang berharga di bagasi. Hal ini diberlakukan untuk meminimalisir kasus pembongkaran bagasi atau kehilangan barang oleh pihak tak bertanggung jawab. Karena itu, barang semisal perhiasan, dokumen penting, passport, visa, uang dan sebagainya simpanlah di tas tangan atau ransel yang kamu bawa ke kabin.

Buat penumpang perjalanan luar negeri khususnya patut memperhatikan hal ini. Jangan sampai keteledoranmu yang justru merusak rencana perjalanan yang sudah kamu atur sedemikian rupa.

Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Stefanus Sapta 16 January 2018 - 14:05:40

pengaruh negatif sosial media terhadap hubungan su.. more..

1 Answer

Bennett 15 January 2018 - 18:41:53

Hitunglah energi potensial benda 10kg pada ketingg.. more..

0 Answer

Yasin al farisi 15 January 2018 - 17:20:39

Dua buah gaya dikatakan seimbang bila

0 Answer


Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Desy Natalia Putri Lumbanbatu 6 January 2018 - 23:09:26
Sebenarnya saya sudah diujung keputusasaan.. Buka... more..

Agus Hermawan 5 January 2018 - 11:47:42
Saya sudah jenuh menjalani hidup yg begini terus, ... more..

susy christina 30 December 2017 - 16:14:31
Saya LDR bertahun tahun dengan suami, kami sudah p... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us