Kerumunan Manusia Penuhi Roma Sepekan Menjelang Paskah, Apa Gerangan?
Sumber: www.calam1.org

Internasional / 11 April 2017

Kalangan Sendiri

Kerumunan Manusia Penuhi Roma Sepekan Menjelang Paskah, Apa Gerangan?

Lori Contributor
3662

Pekan Suci menyambut perayaan Paskah menjadi momen yang paling menarik di Roma. Karena itu jutaan manusia berduyun-duyun memenuhi kota pusat Gereja Katolik ini hanya demi mengikuti tradisi Paskah Roma yang dipimpin oleh pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus.

Menjelang perayaan Kamis Putih mendatang, ratusan ribu orang bahkan berencana ikut menyaksikan prosesi pembasuhan kaki sebuah penjara yang terletak 30 mil dari kota Roma.

Meskipun kengerian teror sedang melanda negara-negara seperti Suriah, Iran, Irak dan Mesir belakangan ini, tapis para pengunjung tetap yakin kalau Roma  adalah tempat yang aman.

“Kami merasa sangat aman. Menyedihkan memang kalau melihat kebutuhan akan pengamanan di semua tempat. Semuanya cukup terkendali. Ada banyak polisi, banyak militer,” ucap seorang pengunjung kepada media Roma.

Sementara pengunjung lainnya mengatakan bahwa Roma punya tingkat pengamanan yang tinggi. Sejauh ini, tak ada ketakutan atau ancaman berbahaya yang mereka rasakan di Roma.

Sebagian pengunjung memang sengaja datang ke Roma karena ingin menyaksikan sendiri acara perayaan Jumat Agung yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus pukul 5 sore. Setelah itu akan digelar serangkaian acara lainnya, mulai dari prosesi Jalan Salib di Colosseum, setelah Paus smenggelar pertemuan dengan orang banyak dan menyampaikan berkat pada pukul 9.15 malam waktu setempat.

Di hari Sabtunya dilanjutkan dengan ibadah malam Paskah dengan prosesi penyalaan lilin di Lapangan Santo Petrus pada pukul 20.30 malam. Kemudian di hari Minggu Paskah, Paus akan memimpin Misa di Lapangan Santo Petrus dan dilanjutkan dengan memberian berkat bagi kota Roma dan dunia dari balkon tengah Basilika Santo Petrus.

Sementara pesan Paskah yang akan dibagikan Paus masih tetap mengangkat soal isu kemiskinan dan tunawisma, gelombang pengungsi dan ancaman eskalasi konflik di Timur Tengah.

Sumber : Christiantoday.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami