Aku Berkata Kepadamu, Sesungguhnya Hari Ini Juga Engkau  Akan Ada Bersama–sama Dengan Aku di Firdaus

Kata Alkitab / 11 April 2017

Kalangan Sendiri

Aku Berkata Kepadamu, Sesungguhnya Hari Ini Juga Engkau Akan Ada Bersama–sama Dengan Aku di Firdaus

Florida Siregar Contributor
12582

Ayat Bacaan : Lukas 23: 39 – 43

Tuhan Yesus begitu mengasihi manusia. Kasih yang Tuhan Yesus berikan adalah kasih yang menyelamatkan. Hal ini dapat kita pahami dari percakapan dua orang yang disalibkan bersama Tuhan Yesus. Salib merupakan hukuman yang diberikan kepada orang–orang yang melakukan kejahatan besar. Dua orang yang disalib di dekat Tuhan Yesus adalah penjahat dengan kesalahan yang berat. Kedua penjahat ini memiliki hati yang berbeda dalam menghadapi Tuhan Yesus yang bersama mereka disalibkan.

Penjahat yang pertama melihat Tuhan Yesus yang tidak berdaya. Ia melihat Tuhan Yesus dengan kekerasan hati dan kesombongannya. Ia menghujat Tuhan Yesus sama seperti yang dilakukan oleh orang–orang disekeliling mereka, padahal ia juga sedang disalibkan (menerima hukuman yang keji). Meskipun dalam penderitaan ia tidak mau merendahkan diri dan mengakui siapa Tuhan Yesus. Penjahat yang kedua justru melihat Tuhan dengan kerendahan hati, bahkan ia berkesempatan berbicara dengan Tuhan Yesus dalam penderitaannya.

Penjahat yang kedua menyadari bahwa dirinya telah berbuat dosa dan pantas dihukum dengan hukuman yang paling berat. Dalam pengakuan dosanya ia menyatakan pertobatan-Nya. Ia juga menyadari siapa Tuhan Yesus. Ia mengenal Tuhan Yesus sebagai seorang yang benar dan tidak layak disalibkan. Ia memperlihatkan imannya terhadap Tuhan Yesus Kristus dengan permintaannya agar Tuhan Yesus mengingatnya. Imannya mampu melihat Kristus datang sebagai Raja.

Iman penjahat kedua yang muncul diakhir hidupnya dihargai oleh Tuhan Yesus. Walaupun Tuhan Yesus dalam penderitaan Ia tidak pernah meninggalkan umat-Nya yang datang bertobat pada-Nya. Tuhan memberikan anugerah dan belas kasih-Nya kepada seorang penjahat yang bertobat pada saat–saat terakhir hidupnya. Tuhan berkata “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau  akan ada bersama – sama dengan Aku di Firdaus”.

Perkataan kedua ini mengingatkan kita kembali bahwa segala perbuatan baik kita tidak mampu membawa kita kepada Allah. Hanya karena anugerah Tuhan dan pengorbanaan-Nya yang menyelamatkan manusia. Keselamatan hanya diperoleh melalui beriman pada apa yang telah Tuhan Yesus kerjakan. Nyatakanlah imanmu dalam Kristus Yesus. Bagi kita yang percaya, Tuhan Yesus berkata, ”sesungguhnya hari ini juga engkau akan bersama–sama dengan Aku di dalam Firdaus (Lukas 23:43). 


Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Halaman :
1

Ikuti Kami